Pengaruh Fasilitas Wisata dan E-WOM terhadap Keputusan Berkunjung di Daya Tarik Taman Nirwana Sungai Barameh Kota Padang

Restiyani, Restiyani (2023) Pengaruh Fasilitas Wisata dan E-WOM terhadap Keputusan Berkunjung di Daya Tarik Taman Nirwana Sungai Barameh Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_RESTIYANI_19135122_7831_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti karena banyaknya komentar negatif maupun positif yang ditulis pengunjung melalui sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang paling penting dalam melihat keputusan berkunjung dari variabel fasilitas wisata dan electronic word of mouth di Daya Tarik Taman Nirwana Sungai Barameh Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif.Populasi penelitian ini dengan Kriteria populasi yaitu pengunjung yang pernah berkunjung di Taman Nirwana, pernah melihat riview mengenai Taman Nirwana di media sosial dan pengunjung yang berusia diatas 20 tahun, yang berjumlah 120 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan menggunakan skala likert yang telah teruji validitas dan reabilitasnya, selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan metode analisis data yang dipakai adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 23.00. Berdasarkan hasil penelitian yaitu: (1) Fasilitas Wisata dengan kategori memadai(38%), electronic word of mouth dengan kategori memadai (39%) dan Keputusan Berkunjung dengan kategori memadai (41%). Nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 diberikan pada nilai F yang diestimasi sebesar 63,875.Hal ini menunjukkan bahwa X1 dan X2 memiliki dampak yang besar terhadap Y. Berdasarkan hal ini, jika hipotesis ketiga (H3) yang menyatakan bahwa X1 dan X2 memiliki dampak terhadap Y secara bersamaan, maka hipotesis ini adalah tepat, maka nilai koefisien regresi untuk X1 dan X2 masing-masing adalah 0.268 dan 0.293, dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0.013. Kemudian, nilai Adjust R square sebesar 0,514 yang menunjukkan bahwa variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh sebesar 51,4% terhadap Y sedangkan variabel lainnya memiliki pengaruh sebesar 48,6%. Hasilnya, dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa Ha dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorwulansari, NidiaUNSPECIFIED
CorrectorSuyuthie, HijriyantomiUNSPECIFIED
Correctoradrian, ArifUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FASILITAS WISATA, ELECTRONIC WORD OF MOUTH
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:41
Last Modified: 27 Dec 2023 04:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49165

Actions (login required)

View Item View Item