Ramadhini, Nurul
(2023)
Duality Concept Red dan Velvet pada Promosi Album Girlgroup Red Velvet dalam Tinjauan Visual.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Red Velvet adalah salah satu grup Korean Pop atau K-Pop yang debut pada tahun 2014 dibawah SM Entertainment, sebuah agensi hiburan di Korea Selatan. Red Velvet menerapkan duality concept “Red” dan “Velvet” pada album yang dirilis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisa perbedaan, dan menjelaskan keterkaitan pada penggunaan elemen visual (warna, tipografi, dan layout) pada media promosi (poster teaser) album Red Velvet: The Red (2015) dan The Perfect Red Velvet (2018). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Teknik analisis menggunakan analisis visual dengan pendekatan kritik seni Edmund Feldman, yaitu: deskripsi, analisis, interpretasi dan evaluasi. Hasil penelitian yang dilakukan menyatakan penggunaan elemen visual sejalan dengan konsep “Red” dan “Velvet” yang diterapkan pada Red Velvet. Pada Album yang menggunakan konsep “Red”, elemen visual yang digunakan memberikan kesan ceria, energik, dan bebas. Sedangkan pada album dengan konsep “Velvet”, elemen visual yang digunakan memiliki kesan yang gelap, kuat, dan dewasa.
Actions (login required)
|
View Item |