Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Talking Stick pada Pembelajaran Seni Tari di Kelas VIII SMP Negeri 4 Payakumbuh

Febrina, Winda (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Talking Stick pada Pembelajaran Seni Tari di Kelas VIII SMP Negeri 4 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_WINDA_FEBRINA_18023022_4802_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar seni tari siswa dengan model Talking Stick di Kelas VIII SMPN 4 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang yang tergolong pada penelitian kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung berupa tes tertulis (kognitif). Penelitian ini memakai 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model talking stick dalam pembelajaran seni tari dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran siklus I belum berhasil dengan baik karena masih banyak siswa yang kurang serius dalam belajar, untuk itu pembelajaran dilanjutkan pada siklus II. Pelaksanaan pembelajaran siklus II sudah terlaksana dengan baik. Kegiatan pada masing-masing tahap hampir semuanya terlaksana, siswa giat belajar dan aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar tes tertulis siswa pada siklus I adalah 58.82% dan rata-rata hasil belajar tes tertulis siswa pada siklus II menjadi 85,29%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model talking stick pada pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
CorrectorMansyur, HerlindaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Dec 2023 00:56
Last Modified: 27 Dec 2023 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49162

Actions (login required)

View Item View Item