Effendi, Novicha
(2023)
Pengembangan E-Modul Larutan Penyangga
Berbasis Masalah.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kategori
validitas dan praktikalitas e-modul larutan penyangga berbasis masalah yang
dikembangkan. Pengembangan e-modul menggunakan model pengembangan
educational design research (EDR) Plomp. Model Plomp terdiri atas 3 tahapan
yakni penelitian pendahuluan, tahap prototipe, dan tahap penilaian, namun pada
penelitian ini dibatasi sampai prototipe IV yakni tahap uji praktikalitas e-modul.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas.
Validitas e-modul dinilai oleh 7 orang validator yang terdiri dari 5 orang dosen
kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri
Padang dan 2 orang guru kimia fase F kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Angket
praktikalitas diisi oleh 2 orang guru kimia dan 15 orang peserta didik dari fase F
kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Hasil validasi diolah menggunakan formula
Aiken’s V, sementara itu untuk hasil praktikalitas diolah dengan percentages
correction. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, e-modul berada
pada kategori valid dengan nilai rata-rata V sebesar 0,83. E-modul juga berada pada
kategori praktis dengan rata-rata praktikalitas guru sebesar 93% dan peserta didik
sebesar 84%. Hasil ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah
valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |