Penerapan Sistem Otomasi Integrated Library System (INLISLite) pada Perpustakaan SMP Negeri 1 Sungai Limau Dalam Bentuk Modul

Paderma, Dara Syafatiah (2023) Penerapan Sistem Otomasi Integrated Library System (INLISLite) pada Perpustakaan SMP Negeri 1 Sungai Limau Dalam Bentuk Modul. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_DARA_SYAFATIAH_PADERMA_20026025_46832023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan SMP Negeri 1 Sungai Limau masih menggunakan sistem manual dalam pengelolaannya, belum banyak memaksimalkan teknologi informasi dalam proses pengolahan bahan pustaka, pengolahan data anggota, layanan peminjaman dan pengembalian buku, pembuatan laporan, dan pencarian buku oleh pemustaka. Oleh karena itu dibutuhkan sistem otomasi yang mampu mempermudah pelayanan dan akses informasi serta pengelolaan data perpustakaan. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Tujuan dari penulisan ini untuk mendeskripsikan penerapan sistem otomasi Integrated Library System (INLISLite) pada Perpustakaan SMP Negeri 1 Sungai Limau. Hasil penulisan makalah ini dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem otomasi pada perpustakaan SMP Negeri 1 Sungai Limau menggunakan INLISLite V.3.2 dengan jenis paket instalasi portabel. Implementasi sistem otomasi INLISLite pada perpustakaan SMP Negeri 1 Sungai Limau mencakup kegiatan pengolahan data anggota dengan menu keanggotaan, pengolahan bahan pustaka dengan menu akuisisi dan katalog, sirkulasi dengan menu sirkulasi, penelusuran dengan modul OPAC, dan pembuatan laporan dengan menu laporan. Berdasarkan hasil kuesioner uji coba yang telah dilakukan, petugas perpustakaan memberikan nilai persentase 93% dan pemustaka memberikan nilai persentase 94%. Maka sistem otomasi INLISLite layak diterapkan pada lingkungan SMP Negeri 1 Sungai Limau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:15
Last Modified: 22 Dec 2023 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49144

Actions (login required)

View Item View Item