Analisis Penggunaan Electric Turbocharger terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Modifikasi Injeksi

Prima, Jodhi Ananda (2023) Analisis Penggunaan Electric Turbocharger terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Modifikasi Injeksi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_JODHI_ANANDA_PRIMA_18073013_4369_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan electric turbocharger terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor modifikasi injeksi dan metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada sepeda motor modifikasi injeksi didapatkan hasil bahwa dengan penggunaan electric turbocharger dalam 1 liter bahan bakar minyak dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan dari proses pembakaran sepeda motor modifikasi injeksisecara optimal. Dengan memakai Electric turbocharger bisa menghemat konsumsi bahan bakar sebesar 16,04% pada kecepatan 40 Km/J, pada pengujian CO dapat menurunkan kadar emisi gas buang sebesar 94% pada putaran idle, pada pengujian CO2meningkatkan kadar emisi gas buang sebesar 10% pada putaran idle dan pada pengujian Hidro karbon dapat menurunkan kadar emisi gas buang besar 49% pada putaran idle, hasil dari Electric turbocharger ini menurut analisis persentase yaitu terdapat penurunan pada emisi gas buang yaitu HC dan CO dan meningkat pada CO2, dan menurunkan konsumsi bahan bakar sehingga jarak tempuh yang dihasilkan sedikit lebih jauh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
CorrectorWakhinuddin, WakhinudinUNSPECIFIED
CorrectorArif, AhmadUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:13
Last Modified: 22 Dec 2023 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49141

Actions (login required)

View Item View Item