Analisis Coeffisient of Performance (COP) pada Trainer Sistem Pengkondisian Udara pada Mobil dengan Pengerak Motor Listrik

Solka, Gusroby (2023) Analisis Coeffisient of Performance (COP) pada Trainer Sistem Pengkondisian Udara pada Mobil dengan Pengerak Motor Listrik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_GUSROBY_SOLKA_17073080_2301_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang yaitu adanya beberapa Trainer pada mata kuliah teknologi pengkondisian udara yang masih memerlukan perbaikan sebelum bisa digunakan kembali, maka dibuatlah sebuah trainer yang digerakan oleh motor listrik yang memiliki kelebihan yaitu mudah untuk digunakan. Trainer pengerak motor listrik tersebut belum pemah dilakukan pengujian Coeffisient Of Performance sehinga belum diketahui berapa validity COP dari trainer tersebut. Penelitian ini mengunakan j enis penelitian eksperimen. Penelitian ini mengunakan sebuah trainer yang mengunakan pengerak sebuah motor listrik sebagai objek penelitian, dengan mengambil data berupa tekanan dan tempratur refrigerant pada beberapa titik pengujian dan dengan mengunakan pengujian normal, pengujian menyiram kondensor dan pengujian variasi putaran dari kompresor. Setelah mendapatkan nilai dari tekanan dan tempratur kemudian dengan mengunakan ph-diagram maka dapat ditentukan nilai COP dan juga niai EER pada trainer, setelah mendapatkan nilai COP dan EER maka dibuatlah pembahasan dari penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukan nilai Coeffisient of performance pada pengujian mendapatkan nilai berkisar dari 2,17 sampai 2,24 pada kondisi normal sedangkan pada pengujian dengan menyiram kondensor mendapatkan nilai tertingi yaitu sebesar 2,80. Dengan pengujian variasi putaran kompresor mendapatkan nilai tertingi sebesar 4,05 pada 1000 RPM, Dalam hal ini COP yang tertingi didapatkan trainer pada putaran 1000 RPM dan EER tertingi yang didapatkan trainer sebesar 13,8 pada putaran kompresor 1000 RPM dan kondensor disiram. Dapat disimpulkan trainer mencapai COP yang lebih optimal pada putaran 1000 RPM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, NuzulUNSPECIFIED
CorrectorAndrizal, AndrizalUNSPECIFIED
CorrectorLapisa, RemonUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:12
Last Modified: 22 Dec 2023 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49139

Actions (login required)

View Item View Item