Analisis Pengaruh Variasi Research Octane Number (RON) Bahan Bakar Terhadap Daya, Tarsi, Akselerasi dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Mesin Daihatsu Xenia K3- VE

Otriza, Fahrni (2023) Analisis Pengaruh Variasi Research Octane Number (RON) Bahan Bakar Terhadap Daya, Tarsi, Akselerasi dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Mesin Daihatsu Xenia K3- VE. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_FAHMI_ORTIZA_1907012_4609_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis pengaruh variasi Research Octane Number (RON) bahan bakar terhadap daya, tarsi, akselerasi dan konsumsi bahan bakar pada mesin Daihatsu Xenia K3-VE yaitu dengan Mesin Xenia K3- VE yang diberikan perlakuan bahan bakar Pertalite RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98 dengan melihat hasil perbandingannya yang dihasilkan daya, tarsi, akselerasi dan konsumsi bahan bakar. Eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan dua metode yaitu dengan alat uji dynamometer di Jams Autoworkshop dan test jalan di Jalan Akses Bandara Intemasional Minangkabau sejauh 1 km. Hasil analisis yang telah dilakukan peneliti maka dapat disimpulkan bahwa pada mesin Daihatsu Xenia K3-VE terj adi peningkatan daya, tarsi dan akselerasi serta terjadi penurunan konsumsi bahan bahan bakar seiring dengan peningkatan angka oktan yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSugiarto, TotoUNSPECIFIED
CorrectorFernandez, DonnyUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Dwi SudarnoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:12
Last Modified: 22 Dec 2023 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49137

Actions (login required)

View Item View Item