Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa D3 Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Bakti, Dandi (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa D3 Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_DANDI_BAKTI_19073042_6936_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya minat berwirausaha mahasiswa D3 Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. Hal itu dapat dilihat pada wisudawan mahasiswa D3 Teknik Otomotif pada tahun 2021, yaitu sebanyak 34 mahasiswa D3 Teknik Otomotif yang wisuda pada tahun 2021 tidak ada seorang pun yang berwirausaha setelah wisuda. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti pada 22 Desember 2022, peneliti menemukan hal-hal yang dapat mempengaruhi minat mahasiswa untuk berwirausaha diantaranya rendahnya pengetahuan mahasiswa tentang wirausaha, rendahnya motivasi mahasiswa untuk berwirausaha dan kampus juga mengadakan kegiatan pengalaman lapangan industri (PU) guna melatih kesiapan mental mahasiswa untuk terjun ke dunia wirausaha. N amun masih sedikit mahasiswa yang berwirausaha setelah wisuda. Penelitian ini bertujuan untuk menguji menganalisis pengaruh motivasi, pengetahuan dan pengalaman lapangan industri (PLI) terhadap minat berwirausaha mahasiswa D3 Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu investigasi sistematis sebuah fenomena dengan mengumpulkan data lalu diukur dengan menggunakan teknik statistik, matematika atau komputasi. Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner melalui google form kepada Mahasiswa D3 angkatan 2020 sampai 2022. Kemudian data tersebut diolah menggunakan software smart-pls4. Hasil penelitian ini diketahui nilai R-Square sebesar 0.597 yang berarti bahwa minat berwirausaha mahasiswa D3 Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dapat dipengaruhi dan dijelaskan oleh motivasi, pengetahuan kewirausahaan dan pengalaman lapangan industri (PLI) sebesar 59.7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetiawan, M.YasepUNSPECIFIED
CorrectorWagino, WaginoUNSPECIFIED
CorrectorMiliana, MilianaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:47
Last Modified: 21 Dec 2023 07:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49135

Actions (login required)

View Item View Item