Pengaruh Pengaplikasian Bulu Mata Berbahan Dasar Serat Buah Pinang Sirih (Areca Catehu L) terhadap Tata Rias Pengantin Padang Pesisir

Shalsabilla, Luthfita (2023) Pengaruh Pengaplikasian Bulu Mata Berbahan Dasar Serat Buah Pinang Sirih (Areca Catehu L) terhadap Tata Rias Pengantin Padang Pesisir. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_LUTHFITA _SHALSABILLA_19078116_5431_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian sebelumnya tentang bulu mata palsu berbahan dasar serat buah pinang, namun hingga saat ini belum ada peneliti yang menguji pengaruh hasil pengaplikasian serat pinang sirih sebagai bahan baku pengaplikasian bulu mata palsu kepada model pada rias pengantin padang pesisir khususnya pada Departemen Tata Rias dan Kecantikan FPP UNP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pengaplikasikan menggunakan bulu mata palsu berbahan dasar pinang sirih dan berbahan sintetis terhadap tata rias pengantin padang pesisir dan menganalisis perbedaan pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu berbahan dasar serat pinang sirih dan menggunakan bulu mata palsu berbahan dasar sintetis terhadap tata rias pengantin padang pesisir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Posttest Group Desain. Variabel pada penelitian terdiri dari varibel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dengan objek penelitian yaitu bulu mata palsu berbahan dasar serat buah pisang sirih dan bulu mata palsu berbahan sintetis. Tempat dan waktu penelitian di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan pada tanggal 17 juli sampai 22 agustus 2023 dengan populasi mahasiswi Universitas Negeri Padang dengan sampel 6 orang. Jenis data menggunakan data primer dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan kuesioner yang akan dianalisis menggunakan analisis deskripstif dan metode analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu berbahan dasar serat pinang sirih terhadap tata rias pengantin padang pesisir didapatkan bahwa nilai tertinggi terdapat pada aspek kerapian yaitu 4,33, bentuk bulu mata yaitu 4,23, ketepatan pengaplikasian yaitu 4,33 dan kesukaan panelis yaitu 4,23. Hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu berbahan sintetis terhadap tata rias pengantin padang pesisir didapatkan bahwa nilai tertinggi terdapat pada aspek kerapian yaitu 3,90, bentuk bulu mata yaitu 3,80, ketepatan pengaplikasian yaitu 3,95, dan tingkat kesukaan panelis 3,90. Dan terdapat pengaruh hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu dari serat pinang sirih dan menggunakan bulu mata palsu berbahan sintetis terhadap tata rias pengantin padang pesisir pada aspek kerapian, (p=0,016) bentuk bulu mata (p=0,023) ketepatan pengaplikasian (p=0,016) kesukaan panelis (p=0,015) artinya terdapat pengaruh hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu dari serat pinang sirih dan menggunakan bulu mata palsu berbahan sintetis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfrianova, ViviUNSPECIFIED
CorrectorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorYupelmi, MimiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BULU MATA PALSU, SERAT BUAH PINANG SIRIH, RIAS PENGANTIN
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:46
Last Modified: 21 Dec 2023 07:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49132

Actions (login required)

View Item View Item