Hubungan Perceived Usefulness dengan Behavioral Intention pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva

Putri, Nadila Aulya (2023) Hubungan Perceived Usefulness dengan Behavioral Intention pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Nadila_Aulya_Putri_19031032_6978_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi berbasis e-learning merupakan sebuah terobosan baru untuk menunjang proses pembelajaran. E-learning yang digunakan SMA Dedikasi Edukasi Kualiva untuk mendukung proses pembelajaran adalah Scola. Dengan menggunakan Scola, peserta didik dapat mempelajari kembali materi yang diberikan oleh guru. Akan tetapi, keberhasilan penggunaan Scola dalam pembelajaran biologi ini belum dianalisis sehingga belum diketahui hubungan perceived usefulness (PU) dengan behavioral intention (BI) pada peserta didik pengguna Scola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perceived usefulness (PU) dengan behavioral intention (BI) pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI MIPA, XII MIPA di SMA DEK yang berjumlah 48 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket yang mengukur respon peserta didik terhadap PU dan BI terkait penggunaan Scola pada pembelajaran biologi. Angket terdiri dari 31 pertanyaan yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan uji signifikansi dengan uji t setelah data terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan hubungan korelasi yang positif dengan nilai r = 0,78 (korelasi kuat) dan nilai t hitung = 8,5 > t tabel 1,679. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Oleh karena itu, perceived usefulness (PU) memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap behavioral intention (BI) pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Dec 2023 09:08
Last Modified: 20 Dec 2023 09:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49124

Actions (login required)

View Item View Item