Putri, Nadila Aulya
(2023)
Hubungan Perceived Usefulness dengan Behavioral
Intention pada Peserta Didik Pengguna Scola
Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi
Kualiva.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembelajaran biologi berbasis e-learning merupakan sebuah terobosan baru
untuk menunjang proses pembelajaran. E-learning yang digunakan SMA
Dedikasi Edukasi Kualiva untuk mendukung proses pembelajaran adalah Scola.
Dengan menggunakan Scola, peserta didik dapat mempelajari kembali materi
yang diberikan oleh guru. Akan tetapi, keberhasilan penggunaan Scola dalam
pembelajaran biologi ini belum dianalisis sehingga belum diketahui hubungan
perceived usefulness (PU) dengan behavioral intention (BI) pada peserta didik
pengguna Scola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
perceived usefulness (PU) dengan behavioral intention (BI) pada peserta didik
pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI MIPA, XII MIPA
di SMA DEK yang berjumlah 48 orang. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket yang
mengukur respon peserta didik terhadap PU dan BI terkait penggunaan Scola pada
pembelajaran biologi. Angket terdiri dari 31 pertanyaan yang telah dinyatakan
valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product
Moment dan uji signifikansi dengan uji t setelah data terdistribusi normal.
Hasil penelitian menunjukkan hubungan korelasi yang positif dengan nilai
r = 0,78 (korelasi kuat) dan nilai t
hitung
= 8,5 > t
tabel
1,679. Hasil ini menunjukkan
bahwa hipotesis diterima. Oleh karena itu, perceived usefulness (PU) memiliki
hubungan positif dan signifikan terhadap behavioral intention (BI) pada peserta
didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva.
Actions (login required)
|
View Item |