Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TP (A) Pada Mata Pelajaran Pengukuran di SMK Negeri 1 Padang

Margono, Try Yudo (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TP (A) Pada Mata Pelajaran Pengukuran di SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_TRY_YUDO_MARGONO_19067031_6860_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Pengukuran, hal ini diduga karena proses pembelajaran yang kurang optimal dan kurangnya peran aktif siswa dalam mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran yang terfokus pada guru (Teacher Centered Learning). Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Penelitian ini memakai metode penelitian classroom action research. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X TP (A) SMK Negeri 1 Padang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan memakai 3 siklus, Setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes pilihan j amak. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Analisis hasil penelitian pada pra siklus memperoleh rata-rata nilai hasil belajar 60,41 meningkat, pada siklus 1 dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 69,83, pada siklus 2 sebesar 78 dan pada siklus 3 sebesar 79,25. Persentase ketuntasan klasikal pra siklus sebesar 30%, pada siklus 1 sebesar 53,33% meningkat pada siklus 2 menjadi 73,33%, dan pada siklus 3 menjadi 80%. Kesimpulan dari penelitian dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada mata pelajaran Pengukuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari nilai hasil belajar siswa yang sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan penelitian pada siklus ketiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYufrizal, YufrizalUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
CorrectorSyahri, BudiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:53
Last Modified: 20 Dec 2023 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49103

Actions (login required)

View Item View Item