Fitra, Rizki
(2023)
Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Manufakturdi SMK Negeri 1 Tanjung Raya.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Peserta didik masih banyak yang belum memahami materi ajar dan kurangnya pemahaman dalam konsep menggambar dalam CAD dikarenakan metode dalam pembelajaran yang belum bervariasi dan dibuktikan dengan nilai pengetahuan dan keterampilan peserta didik masih banyak yang belum mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penelitian melibatkan 20 orang siswa kelas eksperimen dan 20 orang siswa kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes soal untuk pretest dan penilaian kinerja siswa untuk tes kemampuan keterampilan. Analisi data awal yang digunakan untuk mengetahui rata-rata kelas yang akan digunakan sebagai penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Analisi data akhir yang digunakan untuk memeriksa normalitas, homogenitas dan hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji t dengan diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,016, yaitu lebih kecil dari 0,05 dengan rata-rata persentase 79,38 % pada kelas eksperimen dan 71,94 % pada kelas kontrol dengan klasifikasi baik dikarenakan hasil belajar siswa dalam menggunakan model pembelajaran project based learning menjadi lebih baik, siswa lebih aktif, dan terbiasa untuk berfikir kritis.
Actions (login required)
|
View Item |