Pengaruh Kelengkapan fasilitas bengkel Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Mesin (DDTM) Pada Siswa Teknik Pemesinan SMK N egeri 5 Padang

Dwicandra, Resqy (2023) Pengaruh Kelengkapan fasilitas bengkel Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Mesin (DDTM) Pada Siswa Teknik Pemesinan SMK N egeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_REZQY_DWICANDRA_19067065_6951_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari mengenai kelengkapan fasilitas bengkel terhadap hasil belajar dalam mata pelajaAran Dasar-dasar Teknik Mesin (DDTM) di kalangan siswa Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini mengadopsi pendekatan eks post facto yang bersifat kuantitatif, yang dilakukan setelah peristiwa telah terjadi, dan kemudian menganalisis data historis untuk mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi dan mungkin menjadi penyebab peristiwa tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya hubungan dan pengaruh positif antara tingkat kelengkapan fasilitas bengkel dan hasil belajar dalam mata dalam mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Mesin, dengan nilai koefisien regresi sebesar 1, 103. Koefisien regresi ini menggambarkan sejauhmana perubahan yang dapat diharapkan dalam hasil belajar siswa sebagai akibat dari lengkapnya fasilitas bengkel sekolah. Dalam analisis data ditemukan bahwa koefisien dterminasi adalah sebesar 0,270. Hal ini menunjukkan bahwa kelengkapan fasilitas bengkel memberikan kontribusi sekitar 27% terhadap hasil belajar siswa, sementara sisanya sebesar 73% hasil belajar dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang dampak dari mengenai fasilitas bengkel terhadap prestasi akademik mereka dalam bidang teknik mesin. Temuan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pendidik dan pengelola sekolah untuk meningkatkan lingkungan belajar dan mengoptimalkan sumber daya bengkel guna meningkatkan pengalaman dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurdin, HendriUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
CorrectorMulianti, MuliantiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:53
Last Modified: 20 Dec 2023 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49101

Actions (login required)

View Item View Item