Tinjauan Faktor yang Berperan Terhadap Pembelajaran CNC Kelas XI di SMK Negeri 5 Padang

Fadri, Muhammad Al (2023) Tinjauan Faktor yang Berperan Terhadap Pembelajaran CNC Kelas XI di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_MUHAMMAD_AL_FADRI_18067045_7054_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran CNC kelas XI. Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh banyaknya faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor (motivasi, minat, keluarga, peran guru, metode pembelajaran dan fasilitas pembelajaran) yang berperan terhadap tingkat dukungan proses belajar dalam pencapaian hasil belajar siswa pada pembelajaran CNC di kelas XI. Subjek dalam penelitian adalah siswa Kelas XI jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Padang tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 37. Dikarenakan jumlah subjek kurang dari 100, jadi semuanya diambil sehingga menjadi populasi atau total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Dari analisis data menunjukkan bahwa dari setiap faktor yang diteliti, faktor fasilitas belajar mempunyai tingkat dukungan yang paling rendah terhadap keberhasilan akademik siswa dibandingkan dengan faktor lainnya yang telah diteliti oleh peneliti. Maka dari itu fasilitas pembelajaran di SMK Negeri 5 Padang pada mata pelajaran CNC perlu ditingkatkan lagi untuk mendukung proses belajar siswa dan tercapainya prestasi belajar yang lebih baik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYufrizal, YufrizalUNSPECIFIED
CorrectorFernanda, YolliUNSPECIFIED
CorrectorPrasetya, FebriUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:53
Last Modified: 20 Dec 2023 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49100

Actions (login required)

View Item View Item