Fadri, Muhammad Al
(2023)
Tinjauan Faktor yang Berperan Terhadap Pembelajaran CNC Kelas XI di SMK Negeri 5 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran CNC kelas XI. Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh banyaknya faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor (motivasi, minat, keluarga, peran guru, metode pembelajaran dan fasilitas pembelajaran) yang berperan terhadap tingkat dukungan proses belajar dalam pencapaian hasil belajar siswa pada pembelajaran CNC di kelas XI.
Subjek dalam penelitian adalah siswa Kelas XI jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Padang tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 37. Dikarenakan jumlah subjek kurang dari 100, jadi semuanya diambil sehingga menjadi populasi atau total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif.
Dari analisis data menunjukkan bahwa dari setiap faktor yang diteliti, faktor fasilitas belajar mempunyai tingkat dukungan yang paling rendah terhadap keberhasilan akademik siswa dibandingkan dengan faktor lainnya yang telah diteliti oleh peneliti. Maka dari itu fasilitas pembelajaran di SMK Negeri 5 Padang pada mata pelajaran CNC perlu ditingkatkan lagi untuk mendukung proses belajar siswa dan tercapainya prestasi belajar yang lebih baik bagi siswa.
Actions (login required)
|
View Item |