PengaruhVariasi Media Pendingin Air dan Oli terhadap Kekuatan Tarik pada Pengelasan SMAW (ShieldMetal Arc Welding) Baja St 37.

Syah, Kelvin Rahmat (2023) PengaruhVariasi Media Pendingin Air dan Oli terhadap Kekuatan Tarik pada Pengelasan SMAW (ShieldMetal Arc Welding) Baja St 37. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_KELVIN_RAHMAT_SYAH_16067047_1160_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengelasan merupakan suatu pekerjaan yang sering digunakan pada sebuah penyambungan pelat, pembangunan gedung pencakar langit, rel kereta api dan lainnya. Salah satu jenis pengelasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Shield Metal Arc Welding (SMAW). SMAW merupakanproses penyambunganlogam dimana benda dan elektroda dilebur menggunakan energi panas. Perubahan sifat fisik dan mekanis baja karbon setelah proses pengelasan perlu adanya perlakuan pendinginan. Hal yang mempengaruhi kualitas hasil las baja karbon rendah las SMAW adalah zat pendingin. Masih banyak tukang las yang tidak memedulikan media pendingin yang digunakan, sehingga hasil las kurang masimal. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perbedaan hasil las SMAW dari variasi media pendingin menggunakan kekuatan uji tarik. Dalam melaksanakan penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Metode ini menjelaskan hubungan sebab akibat, sehingga metode eksperimen ini dianggap paling relevan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Variasi Media Pendingin Air dan Oli terhadap Kekuatan Tarik Pada Pengelasan SMAW (Shield Metal ARC Welding) Baja St 37. Media pendingin yang digunakan dalam penelitian yaitu air, oli SAE 40. Bahan yang digunakan baja karbon rendah St 37 yang berbentuk plat dengan ketebalan 8mm digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Kekuatan uji tarik bertindak sebagai uji fisik untuk mengetahui pengaruh variasi media pendingin yang digunakan. Nilai uji tarik tertinggi terdapat pada media pendingin oli SAE 40 yang rata-rata kuat tarik maksimumnya adalah 407,53 N/mm2• Berdasarkan penelitian, logam baja yang dilas dan kemudian didinginkan dengan cepat mengubah struktur mikro dan meningkatkan kualitas karbonnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErizon, NelviUNSPECIFIED
CorrectorSari, Delima YantiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:52
Last Modified: 20 Dec 2023 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49099

Actions (login required)

View Item View Item