Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pustakawan pada Layanan Sirkulasi di UPT Perpustakaan Universitas Andalas

Avina, Danira Galuh (2023) Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pustakawan pada Layanan Sirkulasi di UPT Perpustakaan Universitas Andalas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_DANIRA_GALUH_AVINA_19234032_4592_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh pustakawan terhadap pemustaka masih belum efektif, karena masih banyak pemustaka yang kesulitan dan belum terbantu saat mencari informasi yang dibutuhkannya pada layanan sirkulasi mandiri di Perpustakaan Universitas Andalas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi interpersonal pustakawan pada layanan sirkulasi mandiri di UPT Perpustakaan Universitas Andalas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang terdiri dari tiga pustakawan, dua pemustaka yang berkunjung di perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal pustakawan pada layanan sirkulasi mandiri di UPT Perpustakaan Universitas Andalas yaitu : (a) berdasarkan jawaban dari informan pustakawan dan pemustaka menunjukkan hasil bahwa aspek keterbukaan (openess) pustakawan masih belum efektif diterapkan dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka seperti pustakawan masih belum memberikan keterbukaan informasi yang pemustaka butuhkan, (b) berdasarkan jawaban dari informan pustakawan dan pemustaka menunjukkan hasil bahwa aspek (emphaty) belum berjalan dengan efektif, dikarenakan masih ada pustakawan yang belum berempati kepada pemustaka yang sedang merasa kebingungan mencari informasi kecuali pemustaka yang langsung menayakan kebutuhanya dalam mencari informasi baru di tanggapi, (c) aspek dukungan (supportiveness) sudah diterapkan dengan baik, ditunjukkan pustakawan dengan cara menunjukkan sikap yang sopan dan ramah kepada pemustaka yang datang dan bertanya tentang kebutuhan informasinya, (d) aspek sikap positif (positiveness) dinilai sudah terlaksana dengan baik yaitu berupa menghargai kedatangan pemustaka tanpa mencurigai pemustaka yang berkunjung, (e) aspek kesetaraan (equality) dinilai telah dilaksanakan oleh pustakawan seperti dengan cara tidak membeda-bedakan dan memandang status sosial setiap pemustaka yang berkunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:19
Last Modified: 19 Dec 2023 09:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49096

Actions (login required)

View Item View Item