Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Media Visual pada Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Irpando, Hasanul (2023) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Media Visual pada Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_HASANUL_IRPANDO_19067008_7009_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dikelas merupakan kunci utama keberhasilan pendidikan, sehingga model pembelajaran yang diterapkan oleh guru menjadi hal yang penting dan peranan media pembelajaran pun dapat menjadi penunjang keberhasilan pembelajaran. Hasil belajar menjadi kriteria keberhasilan peserta didik pada suatu pembelajaran. Perolehan hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Teknik Gambar Manufaktur kelas XI Teknik Pemesinan 1 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat masih rendah hal ini di buktikan dengan hasil ujian akhir semester ganjil tahun 2022/2023 terdapat peserta didik belum memenuhi standar penilaian KKM yang diakibatkan model pembelajaran diterapkan belum bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan pengaplikasian model pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) berbasis media visual. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian Classroom Action Research. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI Teknik Pemesinan 1 dengan jumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di bulan Agustus-September 2023 yang memiliki 2 siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa, soal tes pilihan ganda, dan lembar penilaian proyek. Perolehan hasil aktivitas belajar siswa yang ditetapkan minimal 80% dengan kategori baik. Hasil pengamatan siklus 1 menunjukkan rata-rata-aktivitas belajar siswa 68,69% dan pada siklus 2 rata-rata aktivitas belajar siswa 82, 12%. Peningkatan aktivitas belajar siklus 1 dan siklus 2 sebesar 13,43%. Indikator keberhasilan penelitian telah tercapai pada siklus 2 dibuktikan dengan perolehan hasil aktivitas belajar siswa sebesar 82,12%. Hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan setiap siklusnya dilihat dari hasil tes soal pilihan ganda. Penelitian pada siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 69,6 dan pada siklus 2 menjadi 81,8. Persentase ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 53% adanya peningkatan siklus 2 menjadi 86,7%. Hasil belajar siswa pada aspek keterampilan setiap siklusnya dilihat dari hasil tes praktek menggambar. Hasil penelitian pada siklus 1 memperoleh rata-rata 72.25 dan pada siklus 2 menjadi 82.75. Persentase ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 87%. Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan yaitu KKM 75 dengan ketuntasan klasikal minimal 85%. Kesimpulan dari penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di mata pelajaran Teknik Gambar Manufaktur dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorSyahri, BudiUNSPECIFIED
CorrectorAfnison, WandaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:18
Last Modified: 19 Dec 2023 09:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49090

Actions (login required)

View Item View Item