Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Case Method dan Project Based Learning pad a Mata Pelajaran Dasar Kejuruan Teknik Mesin Kelas X di SMK Negeri 2 Payakumbuh

Nanda, Gusta (2023) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Case Method dan Project Based Learning pad a Mata Pelajaran Dasar Kejuruan Teknik Mesin Kelas X di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_GUSTA_NANDA_17067043_2961_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

dalam belajar menjadi rendah karena pembelajaran dengan menerapkan model konvensional membuat semua sumber materi pembelajaran berasal dari guru dan tidak melibatkan siswa secara mandiri untuk mencari materi pembelajaran, Sehingga hal ini mempengaruhi pemahaman peserta didik terhadap suatu materi dan juga berdampak kepada hasil belajar. Permasalahan tersebut diperlukan pembelajaran efektif sehingga siswa aktif mengikuti pembelajaran, seperti Case Method dan Project Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Case Method dan Project Based Learning Mata Pelajaran Dasar Kejuruan Teknik Mesin kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Metode dengan jenis penelitian tindakan kelas diterapkan pada penelitian ini dengan subjek penelitian semua kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Payakumbuh sebanyak 36 orang. Hasil penelitian diketahui adanya kenaikan ketuntasan klasikal dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I ketuntasan klasikal 66,67%, siklus II 72,22% dan siklus III 88,89%. Kesimpulan kajian ini yaitu terdapat peningkatan hasil ketuntasan klasikal siswa kelas X Teknik Pemesinan pada mata pelajaran Dasar Kejuruan Teknik Mesin dengan menerapkan model Case Method dan Project Based Learning di siklus I, II dan III. Sehingga penerapan Case Method dan Project Based Learning dapat meningkat motivasi, keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwizet, ArwizetUNSPECIFIED
CorrectorMulianti, MuliantiUNSPECIFIED
CorrectorRahim, BulkiaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:18
Last Modified: 19 Dec 2023 09:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49088

Actions (login required)

View Item View Item