Kemas Ulang Informasi Sejarah Suku Mandailing Sebagai Salah Satu Bentuk Pelestarian Informasi Sejarah Daerah Kabupaten Mandailing Natal

Siregar, Halimah (2023) Kemas Ulang Informasi Sejarah Suku Mandailing Sebagai Salah Satu Bentuk Pelestarian Informasi Sejarah Daerah Kabupaten Mandailing Natal. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_HALIMAH_SIREGAR_20026044_4576_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu untuk mendeskripsikan; (1) proses pembuatan kemas ulang informasi mengenai sejarah suku mandailing sebagai salah satu bentuk pelestarian informasi sejarah daerah Kabupaten Mandailing Natal, dan (2) hasil uji coba produk kemas ulang informasi sejarah suku mandailing sebagai salah satu bentuk pelestarian informasi sejarah daerah Kabupaten Mandailing Natal; (3) kendala dan upaya dalam pembuatan produk kemas ulang informasi sejarah suku mandailing sebagai salah satu bentuk pelestarian informasi sejarah daerah Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penulisan yang digunakan pada makalah ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan tinjau literatur yang diperoleh dari sumber buku, jurnal dan sumber terpercaya lainnya. Berdasarkan penulisan yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Berdasarkan uraian pembahasan yang telah dijelaskan sebelumnya dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, tahapan yang dilakukan dalam proses pembuatan kemas ulang informasi ini, yaitu; indentifikasi kebutuhan pengguna, pengumpulan sumber informasi, pengemasan informasi, menentukan sasaran audience, menentukan strategi dalam mencari jenis sumber informasi, menetapkan cara dan sistem penyebarluasan kemasan informasi, mentransfer informasi, mendistribusikan kemasan informasi dan evaluasi produk. Kedua, hasil persentase dari angket uji coba yang peneliti lakukan kepada delapan orang pembaca adalah 89% dan berdasarkan hasil uji coba tersebut, produk kemas ulang informasi ini memiliki kelayakan pemakaian produk yaitu sudah layak dimanfaatkan dan digunakan bagi pembaca yang membutuhkan. Dan ketiga, kendala dalam proses pembuatan produk kemas ulang informasi ini adalah dalam pencarian narasumber, sulitnya bertemu narasumber dan sedikitnya informasi tercetak maupun non cetak (online) mengenai sejarah suku mandailing. Upaya yang dilakukan yaitu mencari informasi terkait narasumber dan meminta nomor telepon yang dapat dihubungi untuk menentukan waktu bisa mewawancarai narasumber serta mencari informasi dari berbagai sumber dan mempelajari hasil wawancara dengan narasumber untuk ikut dimasukkan ke dalam produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:18
Last Modified: 19 Dec 2023 09:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49085

Actions (login required)

View Item View Item