Penerapan Metode Decision Tree Algoritma C4.5 untuk Klasifikasi Mahasiswa Departemen Statistika UNP dalam Keaktifan Berorganisasi

Mudrik.S, M.Dzaakwan (2023) Penerapan Metode Decision Tree Algoritma C4.5 untuk Klasifikasi Mahasiswa Departemen Statistika UNP dalam Keaktifan Berorganisasi. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_M_Dzaakwan_Mudrik.S_19037040_5551_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Organisasi kemahasiswaan adalah sebuah wadah yang dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dalam berbagai aspek melalui kegiatan-kegiatan positif didalamnya, organisasi kemahasiswaan memiliki banyak manfaat, diantaranya memperluas wawasan mahasiswa, meningkatkan kecendikiawanan, serta meningkatkan integritas pribadi mahasiswa dalam menyikapi permasalahan kampus, masyarakat dan bangsa. Mahasiswa aktif berorganisasi adalah mahasiswa yang terlibat aktif dalam mendorong pelaksanaan berbagai kegiatan organisasi seperti menjadi pengurus harian maupun mengikuti kepanitian. Pada Universitas Negeri Padang Departemen Statistika terdapat lebih banyak mahasiswa yang tidak aktif organisasi dari pada mahasiswa aktif organisasi, diperlukan model klasifikasi untuk mengetahui penciri mahasiswa aktif organisasi dan tidak akttif organisasi, dengan model tersebut dapat digunakan untuk memprediksi apakah mahasiswa tersebut aktif organisasi atau tidak aktif organisasi, dan dapat mendorong mahasiswa dengan penciri mahasiswa yang tidak aktif organisasi menjadi mahasiswa aktif organisasi, di karenakan terdapat data numerik digunakan decision tree C4.5 untuk mendapatkan model. Penelitian ini adalah penelitian terapan dengan menggunakan data primer atau data yang diambil secara langsung melalui dari pengisian kuisioner oleh mahasiswa Departemen Statistika 2019 dan 2020, dengan menggunakan beberapa variabel yaitu, variabel Mahasiswa Aktif Organisasi (Y), Prestasi Akademik (X1), Hobi (X2), Tipe Kepribadian (X3), Jenis Kelamin (X4), Program Studi (X5), Tahun Masuk (X6). Data yang sudah dikumpulkan dipisah menjadi data training (data latih) untuk membuat model dan data testing (data uji) untuk menguji model. Pembuatan model berupa pohon keputusan atau decision tree menggunakan perhitungan entrophy dan Information Gain masing-masing atribut. Model pohon keputusan yang dibentuk dilakukan validasi model menggunakan tabel confusion Matrix. Hasil penelitian pembuatan model pohon keputusan menggunakan algoritma C4.5 didapat bahwa variabel Program Studi yang menjadi penciri utama. Semua atribut yang dipakai terbukti mempengaruhi variabel target. Didapat nilai presisi dan recall pada tingkatan tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorVionanda, DodiUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorFitri, FadhilahUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:18
Last Modified: 19 Dec 2023 09:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49082

Actions (login required)

View Item View Item