Perancanagan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pengenalan Sistem Tata Surya Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD

Indriani, Vera (2023) Perancanagan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pengenalan Sistem Tata Surya Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_VERA_INDRIANI_19076033_5060_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, begitu pula dengan gaya belajar siswa. Siswa Sekolah Dasar saat ini termasuk dalam generasi Z yang terlahir dengan teknologi yang berkembang dengan pesat, maka dari itu guru harus melibatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality ini bertujuan agar siswa dapat mempelajari materi Pengenalan Sistem Tata Surya dengan melihat kombinasi objek maya 20 atau 30 kemudian memproyeksikannya ke dunia nyata untuk memudahkan pemahaman siswa. Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pengenalan Sistem Tata Surya Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran IPA kelas VI SD yang sudah mengintegrasikan kompetensi dasar, indikator, animasi Sistem Tata Surya, AR dari masing-masing planet, evaluasi, panduan dan akses guru untuk melakukan perubahan isi dari aplikasi. Hal ini bermaksud agar aplikasi ini membuat pembelajaran lebih menarik, yang akan meningkatkan minat siswa karena mereka dapat menggunakannya untuk mengulang pelajaran seperti bermain game yang dapat mereka gunakan di mana saja. Aplikasi ini telah menjalani uji validasi dari ahli media dan materi. Basil uji validitas menunjukkan bahwa ahli media mendapat skor 96% dan ahli materi 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHendriyani, YekaUNSPECIFIED
CorrectorResmidarni, ResmidarniUNSPECIFIED
CorrectorHuda, AsrulUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:15
Last Modified: 19 Dec 2023 04:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49068

Actions (login required)

View Item View Item