Indriani, Vera
(2023)
Perancanagan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pengenalan Sistem Tata Surya Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, begitu pula dengan gaya belajar siswa. Siswa Sekolah Dasar saat ini termasuk dalam generasi Z yang terlahir dengan teknologi yang berkembang dengan pesat, maka dari itu guru harus melibatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality ini bertujuan agar siswa dapat mempelajari materi Pengenalan Sistem Tata Surya dengan melihat kombinasi objek maya 20 atau 30 kemudian memproyeksikannya ke dunia nyata untuk memudahkan pemahaman siswa. Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pengenalan Sistem Tata Surya Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran IPA kelas VI SD yang sudah mengintegrasikan kompetensi dasar, indikator, animasi Sistem Tata Surya, AR dari masing-masing planet, evaluasi, panduan dan akses guru untuk melakukan perubahan isi dari aplikasi. Hal ini bermaksud agar aplikasi ini membuat pembelajaran lebih menarik, yang akan meningkatkan minat siswa karena mereka dapat menggunakannya untuk mengulang pelajaran seperti bermain game yang dapat mereka gunakan di mana saja. Aplikasi ini telah menjalani uji validasi dari ahli media dan materi. Basil uji validitas menunjukkan bahwa ahli media mendapat skor 96% dan ahli materi 95%.
Actions (login required)
|
View Item |