Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika Di SMK Negeri 5 Padang

Agustina, Teza (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika Di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_TEZA_AGUSTINA_19065048_6200_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-Dasar Elektronika (DDE) berbasis teknologi Augmented Reality di SMKN 5 Padang dan untuk mengetahui tingkat validitas serta praktikalitas media pembelajaran yang sudah dibuat. Media pembelajaran ini dikembangkan menggunakan model penelitian Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE Model). Model ADDIE yang digunakan dibatasi sampai tahap implementasi (uji coba) pada peserta didik. Media pembelajaran ini akan dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas (uji coba pengguna). Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji praktikalitas dilakukan oleh kelompok kecil yaitu sebanyak sepuluh peserta didik. Hasil uji validitas yang didapatkan adalah 0,967 dari validator ahli media yang dikategorikan "Valid" dan 0,94 dari validator ahli materi yang dikategorikan "Valid". Hasil uji praktikalitas dilakukan kepada peserta didik,didapatkan rata-rata penilaian 90% yang dikategorikan "Sangat Praktis". Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika dengan kategori valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Ika ParmaUNSPECIFIED
CorrectorSamala, Agariadne DwnggoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:14
Last Modified: 19 Dec 2023 04:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49067

Actions (login required)

View Item View Item