Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Hewan Pada Kebun Binatang Bukittinggi Berbasis Augmented Reality Dengan Metode Markerless

Aurora, Reza (2023) Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Hewan Pada Kebun Binatang Bukittinggi Berbasis Augmented Reality Dengan Metode Markerless. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_REZA_AURORA_17076046_94_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi pengenalan hewan pada Kebun Binatang Bukittinggi berbasis augmented reality dengan metode markerless. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan pendekatan UML, dan tools yang digunakan adalah Unity sebagai software-engineer, Blender 30 untuk pembuatan asset 3D, Adobe Photoshop CS5 untuk perancangan tampilan interface, dan Visual Studio Code sebagai text-editor, serta Vuforia sebagai SDK dan kerangka kerja. Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi pengenalan hewan pada Kebun Binatang Bukittinggi berbasis augmented reality dengan metode markerless atau tanpa marker sehingga pengguna dapat menggunakannya dimana saja dan kapan saja, dan dalam proses pembuatannya menggunakan metode MDLC. Metode Multimedia Development Life Cycle merupakan metode yang cocok untuk digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudayawan, KhairiUNSPECIFIED
CorrectorHendriyani, YekaUNSPECIFIED
CorrectorFajri, Bayu RamadhaniUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:14
Last Modified: 19 Dec 2023 04:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49065

Actions (login required)

View Item View Item