Aplikasi Machine Learning dalam Portofolio Saham Jakarta Islamic Index (JII) Menggunakan Metode Support Vector Regression (SVR)

Faiza, Lala Nur (2023) Aplikasi Machine Learning dalam Portofolio Saham Jakarta Islamic Index (JII) Menggunakan Metode Support Vector Regression (SVR). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_LALA_NUR_FAIZA_19030014_6933_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Investasi merupakan proses mengalokasikan dana ke dalam suatu aset yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh keuntungan pada masa yang akan datang. Bagi investor naik turunnya harga saham merupakan hal yang sangat penting sehingga investor perlu untuk menganalisis harga saham dan membentuk suatu portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan machine learning dalam prediksi harga saham menggunakan metode support vector regression (SVR) yang selanjutnya akan dilakukan pembentukan portofolio menggunakan model Mean-variance Forecasting (MVF). Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang diawali dengan mempelajari dan menganalisis teori-teori yang relevan dengan permasalahan, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan data. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data saham pada Jakarta Islamic Index (JII) periode Desember 2021-November 2022. Sumber data diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) dan yahoo finance. Langkah dalam penelitian ini yaitu melakukan prediksi harga saham menggunakan metode SVR lalu membentuk portofolio menggunakan model MVF. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh prediksi menggunakan metode SVR dengan RMSE terkecil yaitu 0,1% pada saham ADRO dan INCO. Lalu diperoleh bobot portofolio menggunakan model MVF sebesar 20% pada saham ADRO, 37% pada saham INCO dan 43% pada saham ITMG. Dengan expected return portofolio sebesar 0,29% dan risiko portofolio sebesar 0,08%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAgustina, DinaUNSPECIFIED
CorrectorHelma, HelmaUNSPECIFIED
CorrectorSari, Devni PrimaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:57
Last Modified: 18 Dec 2023 08:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49056

Actions (login required)

View Item View Item