Perbandingan Model Regresi Spasial dengan Matriks Pembobot Queen Contiguity dan Customized dalam Mengidentifikasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur

FajriFajri, Gezi (2023) Perbandingan Model Regresi Spasial dengan Matriks Pembobot Queen Contiguity dan Customized dalam Mengidentifikasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_Gezi_Fajri_19337050_6288_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan Provinsi Jawa Timur merupakan masalah krusial yang memberikan dampak buruk pada semua sektor. Upaya untuk mengatasi masalah kemiskinan bisa dengan mendeteksi faktor-faktor yang mempengaruhinya melalui pemodelan statistik, namun kemiskinan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor-faktor kemiskinan wilayah tersebut, tetapi juga dipengaruhi oleh kemiskinan wilayah disekitarnya. Pemodelan statistik yang sesuai pada situasi seperti ini adalah regresi spasial. Dalam regresi spasial diperlukan matriks pembobot spasial yang digunakan untuk menentukan hubungan spasial antar unit spasial yang saling mempengaruhi. Matriks pembobot spasial yang umum digunakan yaitu queen contiguity. Selain queen contiguity, juga ada pembobot spasial lain yang mempertimbangkan informasi awal dan teori yang mendasari penelitian yang disebut dengan matriks pembobot customized yang didasarkan pada Bakorwil. Selain untuk mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi kemiskinan, dalam penelitian ini juga membandingkan matriks pembobot spasial queen contiguity dan customized. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan menerapkan regresi spasial menggunakan matriks pembobot queen contiguity dan customized. Data yang digunakan adalah data persentase penduduk miskin Provinsi Jawa Timur dari hasil Susenas pada bulan September Tahun 2021 sebagai variabel respon dan harapan lama sekolah, angka harapan hidup, pengeluaran perkapita dan tingkat partisipasi angkatan kerja sebagai variabel penjelas. Data terdiri dari 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa model regresi spasial dan pembobot spasial terbaik yaitu General Spatial Model (GSM) dengan pembobot customized dengan nilai AIC sebesar 188,77 dan R 2 84,95%. Faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi persentase penduduk miskin kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2021 adalah Harapan Lama Sekolah, Angka Harapan Hidup, dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorMartha, ZamahsaryUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:44
Last Modified: 15 Dec 2023 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49041

Actions (login required)

View Item View Item