Sari, Engla Diva
(2023)
Optimasi Jumlah dan Lokasi
Tempat Perhentian Bus (TPB) Trans Padang Koridor V
dengan Model Set Covering Problem.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Trans Padang merupakan bus yang dikelola oleh pemerintah Kota Padang
sejak tahun 2014. Salah satu koridor pada bus Trans Padang adalah koridor V yang
beroperasi dari pusat kota menuju Indarung dan arah sebaliknya. Trans Padang
koridor V menggunakan Tempat Perhentian Bus (TPB) dan sudah terdapat 16 TPB
yang didirikan oleh Dinas Perhubungan. Namun terdapat TPB yang didirikan hanya
pada satu arah saja dan kurang pada beberapa lokasi sehingga lokasi pendirian TPB
perlu diteliti kembali. Pada penelitian ini jumlah dan lokasi TPB ditentukan dengan
model Set Covering Problem. Set Covering Problem merupakan model yang
bertujuan untuk meminimumkan jumlah lokasi fasilitas pelayanan namun dapat
menjangkau semua titik permintaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menentukan jumlah dan lokasi TPB yang optimal dengan model Set Covering
Problem.
Penelitian ini adalah penelitian terapan yang diawali dengan mengidentifikasi
masalah. Dilakukan observasi awal mengenai lokasi yang berpotensi diperlukan
penambahan TPB dan lokasi tersebut dijadikan pertanyaan tertutup dengan jawaban
ya atau tidak pada wawancara. Hasil wawancara diuji menggunakan uji Cochran
Q-Test dan diperoleh hasil bahwa semua lokasi pada pertanyaan dapat dijadikan
titik permintaan. Selanjutnya dibuat model Set Covering Problem dan model
tersebut diselesaikan menggunakan metode Enumerasi Implisit.
Berdasarkan penyelesaian model Set Covering Problem menggunakan
metode Enumerasi Implisit diperoleh bahwa TPB yang optimal adalah sebanyak 26
TPB sehingga diperlukan penambahan lokasi TPB di 10 lokasi yaitu RSU Bunda
BMC Padang, Simpang Sawahan, Simpang Lubeg, Erick Minimarket, Pitameh
Garden, Budiman Cengkeh, Hoya Cengkeh, MR DIY Banda Buek, Dalas
Swalayan, dan MTS AL FATAH.
Actions (login required)
|
View Item |