Pemanfaatan Ekstrak Etanol Daun Pegagan (Centella Asiatica) Sebagai Kosmetik Facial Wash Gel Untuk Kulit Wajah Berjerawat

Nelda, Azura Fitria (2023) Pemanfaatan Ekstrak Etanol Daun Pegagan (Centella Asiatica) Sebagai Kosmetik Facial Wash Gel Untuk Kulit Wajah Berjerawat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_AZURA_FITRIA_NELDA_18078002_7951_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena Daun Pegagan (Centella Asiatica) dapat mengatasi kulit wajah jerawat, karena kandungan kimia dari daun dapat dimanfaatkan sebagai anti bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan facial wash gel dari ekstrak etanol daun pegagan dengan konsentrasi 3%, 5% dan 7% dan menganalisis kelayakan facial wash gel ekstrak etanol daun pegagan dengan konsentrasi 3%, 5% dan 7% dilihat dari kandungan flavonoid, tannin, pH, uji iritasi dan homogenitas (uji laboratorium), segi warna, aroma, dan bentuk (uji organoleptik) dan ditinjau dari segi kesukaan penelis (uji hedonik). Jenis penelitian ini ialah penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan sumber data observasi, dokumentasi dan kuesioner. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan metode dokumentasi. Instrumen penelitian dilakukan dengan uji laboratorium dan uji organoleptick. Data dianalisis dengan mengguakan rumus presentase. Hasil penelitian ini adalah Facial wash gel ekstrak etanol daun pegagan memiliki kandungan flavonoid sebanyak 0,7794%. Kadar tanin sebanyak 1,1005%, nilai pH F0: 6,5, F1: 5,5, F2: 5,5, dan F3: 4,5. Semua formulasi homogen dan tidak menimbulkan iritasi. Kelayakan facial wash gel ekstrak etanol daun pegagan ditinjau dari uji organoleptik menunjukkan produk terbaik yaitu F3 (7%) dengan bentuk yang kental (71,4%), warna cokelat pekat (42,9%), dan cukup beraroma khas daun pegagan (57,1%).Kelayakan facial wash gel ekstrak etanol daun pegagan ditinjau dari uji hedonik diperoleh produk yang paling diminati yaitu F3 (7%) dengan kategori suka (57,1%). Kelayakan facial wash gel ekstrak etanol daun pegagan ditinjau dari uji hedonik diperoleh produk yang paling diminati yaitu F3 (7%) dengan kategori suka (57,1%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMinerva, PrimaUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorRosalina, LindaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EKSTRAK ETANOL, DAUN PEGAGAN, FACIAL WASH GEL, WAJAH BERJERAWAT
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Dec 2023 08:55
Last Modified: 14 Dec 2023 08:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49027

Actions (login required)

View Item View Item