Analisis Manjemen Pajak Reklame Atas Potensi dan Kontribusinya terhadap Penerimaan Daerah Kota Padang.

Putra, M. Zolla Nusa (2023) Analisis Manjemen Pajak Reklame Atas Potensi dan Kontribusinya terhadap Penerimaan Daerah Kota Padang. Diploma thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_M. ZOLLA_NUSA_PUTRA_20233049_5161_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa potensi dan kontribusi penerimaan pajak reklame di Kota Padang, penelitian ini dilakukan di Badan Pendapatan Daerah Kota Padang di Jl. M. Yamin, SH No.70, kp. Jao, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif Kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran, keterangan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki mengenai potensi dan kontribusi penerimaan pajak reklame di Kota Padang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data dapat dikumpulkan langsung dengan narasumber dari instansi yang terkait, yaitu berupa Data Terget dan Realisasi Penerimaan Pajak Reklame Di Badan Pendapatan Daerah Kota Padang, Data Realisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kota Padang, dan Data Realisasi Penerimaan Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kota Padang. Setelah data- dikumpulkan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan studi Pustaka, data diolah menjadi sebuah informasi dan pengetahuan yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menyatakan bahwa keberadaan pajak reklame ini diharapkan menjadi sumber penerimaan asli daerah kota padang mengingat kontribusi dan potensi yang dimiliki pajak reklame. Dalam realisasinya kontribusi pajak reklame tergolong kecil, namun tetap diharapkan oleh Penerimaan Asli Daerah (PAD) Kota Padang. Sedangkan untuk potensinya meskipun bukan tergolong potensi paling besar, namun potensi pajak reklame ini sudah mencapai target yang diharapkan. Realisasi pajak rekalme untuk pendapatan daerah kota padang untuk kontribusi pada tahun 2018 tercapai target, lalu pada tahun 2019 tidak tercapai target yang diharapkan sehingga pada 2020 dikurangi target pajak reklamenya mengingat adanya kasus pandemi COVID-19 sehingga tercapai target pada tahun 2020. Pada tahun 2021 dan tahun 2022 potensi dari pajak reklame dinaikkan kembali, namun pada 2021 potensi yang ditargetkan hampir tercapai dengan kata lain belum tercapai tetapi pada tahun 2022 potensi yang ditergetkan tercapai dari kontribusi pajak reklame yang diharapkan. Untuk potensi pajak reklame ini sendiri terhadap penerimaan asli daerah kota padang terealisasi dengan baik pada tahun 2018 hingga tahun 2022. Maka, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realisasi penerimaan pajak reklame sudah mencapai target yang diharapkan walaupun tidak besar impact yang diberikannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitra, HalkadriUNSPECIFIED
CorrectorThamrin, ThamrinUNSPECIFIED
CorrectorYolanda, MikeUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENERIMAAN ASLI DAERAH, MANJEMEN PAJAK, PENERIMAAN PAJAK REKLAME
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen-D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Dec 2023 08:11
Last Modified: 13 Dec 2023 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49018

Actions (login required)

View Item View Item