Program Pengelolaan Arsip Elektronik menggunakan Aplikasi Arteri dalam Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif pada Bagian SDM Polda Sumatera Barat

Ramadanti, Nadya (2023) Program Pengelolaan Arsip Elektronik menggunakan Aplikasi Arteri dalam Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif pada Bagian SDM Polda Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_NADYA_RAMADANTI_20026072_4456_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini membahas tentang program pengelolaan arsip elektronik menggunakan aplikasi ARTERI dalam pengelolaan arsip dinamis aktif pada bagian SDM Polda Sumatera Barat. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan program aplikasi ARTERI pada bagian SDM Polda Sumatera Barat: (1) penciptaan dan penyimpanan arsip dinamis aktif elektronik, (2) distribusi dan penggunaan arsip dinamis aktif elektronik, (3) pemeliharaan arsip dinamis aktif elektronik, (4) penyusutan arsip dinamis aktif elektronik. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan mewawancara 2 (dua) orang arsiparis dan 1 (satu) pegawai bagian SDM Polda Sumatera Barat, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dari penulisan makalah ini mendeskripsikan program pengelolaan arsip elektronik menggunakan aplikasi ARTERI pada bagian SDM Polda Sumatera Barat meliputi: (1) Penciptaan dan penyimpanan arsip menggunakan aplikasi elektronik terdiri dari penciptaan arsip menggunakan aplikasi microsoft word, excel, acces, dan alih media arsip dari bentuk hard copy menjadi soft file, (2) distribusi dan penggunaan arsip menggunakan aplikasi elektronik. Pendistribusian arsip dapat dilakukan menggunakan email, untuk penggunaan arsip dapat menggunakan fitur pencarian lanjutan yang tersedia pada aplikasi ARTERI, (3) pemeliharaan arsip elektronik dapat dilakukan dengan menyimpan pada Google Drive atau menggunakan Flashdisk, (4) penyusutan arsip elektronik dapat dilakukan dengan berpedoman pada Jadwal Retensi Arsip Kep 314 Kepolisian Negara Republik Indonesisa, (5) pelatihan pengelolaan arsip elektronik menggunakan aplikasi ARTERI bertujuan agar arsiparis mengetahui bagaimana mengelolaa arsip elektronik dan agar instansi tidak ketinggalan dalam mengelola arsip digital, sebab pada bagian SDM Polda Sumatera Barat pengelolaan arsip masih dilakukan secara manual. Upaya yang dapat dilakukan daam mengatasi kendala ini adalah dengan berkoordinasi antara arsiparis dan pimpinan untuk dapat mengusulkan penggunaan aplikasi ARTERI agar proses pengelolaan arsip terstruktur dan memudahkan penemuan kambali arsip.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:29
Last Modified: 13 Dec 2023 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49017

Actions (login required)

View Item View Item