Evaluasi Geometri Jalan Tambang Dari Front Coal Getting ke Stock Room pada Seam D PT. Bina Sarana Sukses Jobsite PT. Manambang Muara Enim

Mardatillah, Zikri Novial (2023) Evaluasi Geometri Jalan Tambang Dari Front Coal Getting ke Stock Room pada Seam D PT. Bina Sarana Sukses Jobsite PT. Manambang Muara Enim. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_12_ZIKRI_NOVIAL_MARDATILLAH_20080041_7713_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Bina Sarana Sukses adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambanagan sebagai kontraktor. Penambangan yang dilakukan oleh PT. Bina Sarana Sukses Jobsite PT. Manambang Muara Enim bertujuan untuk memproduksi batubara. Perusahaan tersebut melakukan proses penambangan batubara melewati beberapa tahap yaitu : proses pembersihan lahan, proses pengupasan tanah pucuk, proses pengambilan tanah penutup, proses pengambilan batu bara, yang dimuat menggunakan Excavator dan proses pengangkutan batubara menggunakan Dump Truck. Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan selama di lapangan pada PT. Bina Sarana Sukses, masih terdapat beberapa segmen jalan tambang yang tidak memenuhi standar geometri jalan tambang menurut teori, seperti kurangnya lebar jalan, dimana didapatkan lebar jalan lurus 8,92 m sedangkan lebar aktual di lapangan 6 m sampai 7 m, lebar jalan tikungan sesuai teori 13,71 m sedangkan lebar aktual 10 m sampai 11 m, dan banyak lagi masalah yang ditemukan disana seperti tidak jelasnya cross fall, superelevasi, dan grade jalannya. Setelah dilakukan analisis, masalah yang ada dapat diselesaikan dengan cara memperbaiki lebar jalan pada kondisi lurus menjadi 8,92 m, lebar jalan pada kondisi tikungan diperbaiki menjadi 13,71 m, dan cross fall, superelevasi, serta grade jalannya juga diperbaiki sesuai dengan teori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaldy, Tri GamelaUNSPECIFIED
CorrectorAnarta, RudyUNSPECIFIED
CorrectorYulhendra, DediUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GEOMETRI JALAN TAMBANG
Subjects: T Technology
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Dec 2023 08:08
Last Modified: 13 Dec 2023 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49015

Actions (login required)

View Item View Item