Pengembangan Training Kits HMI Berbasis Outseal PLC V.5 Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram SMK Negeri 2 Payakumbuh

Putra, Yoga Maulana (2023) Pengembangan Training Kits HMI Berbasis Outseal PLC V.5 Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram SMK Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_05_YOGA_MAULANA_PUTRA_17063072_6303_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Media pembelajaran bertujuan untuk mengkongkritkan materi pembelajaran terutama pada bidang keahlian teknis yang membahas materi yang bersifat abstrak.Hasil obeservasi yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Payakumbuh didapatkan permasalahan terkait materi pembelajaran Human Machine Interface pada sistem kontrol terprogram yang belum dapat disampaikan secara oprimal. Penyebab utama dari permasalahan tersebut adalah belum adanya media pembelajaran yang menunjang pelaksanaan pembelajaran.Sehingga perlu dilaksanakan penelitian pengembangan media pembelajaran training kits untuk mengatasi kendala pembelajaran tersebut. Pelaksanaan penelitian pengembangan dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluate).Media pembelajaran training kits yang telah dikembangkan selanjutnyaakan diuji untuk mendapatkan nilai validitas dan praktikalitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yang diisi oleh ahli, guru dan siswa.Berdasarkan hasil penelitian pengembangan Training Kits HMI Berbasis Outseal PLC V.5 Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram SMK Negeri 2 Payakumbuh, produk hasil pengembangan telah memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TRAINING KITS HMI, OUTSEAL PLC V.5
Subjects: T Technology
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:52
Last Modified: 13 Dec 2023 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49012

Actions (login required)

View Item View Item