Optimalisasi Produktivitas Alat Gali Muat Rocker Shovel dan Alat Angkut Grandby Mine Car untuk Menunjang Tercapainya Produksi Bijih Emas (Primer) pada Kegiatan Penambangan Tambang Bawah Tanah PT. Dempo Maju Cemerlang

Esti N, Wiza (2023) Optimalisasi Produktivitas Alat Gali Muat Rocker Shovel dan Alat Angkut Grandby Mine Car untuk Menunjang Tercapainya Produksi Bijih Emas (Primer) pada Kegiatan Penambangan Tambang Bawah Tanah PT. Dempo Maju Cemerlang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_11_WIZA_ESTI_NINGRUM_18137006_7937_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Dempo Maju Cemerlang merupakan tambang bekas peninggalan kolonial Belanda yang beroperasi sebagai perusahaan tambang emas di Nagari Tambang, Kabupaten Pesisir Selatan, dengan menggunakan metode Shrinkage Stope, yaitu sistem penambangan dengan cara overhand sehingga terbentuk suatu tubuh tambang dengan kemiringan antara 50o -90o. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai kesesuaian antara alat gali muat rocker shovel dengan alat angkut mobil Grandby Mine di PT. Dempo Maju Cemerlang dan membuat simulasi untuk meningkatkan waktu kerja dan waktu standby alat gali-muat dan alat angkut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Hasil perhitungan dengan menggunakan match factor, diperoleh nilai MF <1. Hal ini menunjukkan bahwa alat gali-muat tidak dapat bekerja secara optimal, dimana alat muat akan menunggu selama alat angkut bekerja secara penuh atau tidak serasi. Setelah dilakukan perbaikan pada waktu kerja dan waktu standby, hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kerja alat muat rocker shovel sebesar 38,93% dan efektivitas alat angkut grandby alat angkut grandby pada level 6 sebesar 40%. Sedangkan efektivitas alat angkut grandby alat angkut grandby pada level 7 sebesar 39,55%. Peningkatan ini berpengaruh terhadap produktivitas, dimana produktivitas alat gali vi muat rocker sebesar 2384,42 ton/bulan, produktivitas alat angkut Grandby pada level 6 sebesar 2276,73 ton/bulan, dan produktivitas alat angkut Grandby pada level 7 sebesar 2243,16 ton/bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorGusman, MulyaUNSPECIFIED
CorrectorHeriyadi, BambangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ALAT GALI MUAT ROCKER SHOVEL, ALAT ANGKUT GRANDBY MINE CAR, PRODUKSI BIJIH EMAS
Subjects: T Technology
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:18
Last Modified: 13 Dec 2023 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49011

Actions (login required)

View Item View Item