Etnobotani Perawatan Pasca Melahirkan oleh Masyarakat Desa Cubadak Air Utara Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat

Suarman, Delvia Fitri (2023) Etnobotani Perawatan Pasca Melahirkan oleh Masyarakat Desa Cubadak Air Utara Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Delvia_Fitri_Suarman_19032061_6917_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian etnobotani penting untuk dilakukan mengingat pengetahuan lokal yang semakin terdegradasi akibat kemajuan zaman. Studi etnobotani dapat memberikan kontribusi besar dalam proses pengenalan sumberdaya alam nabati. Pengabaian etnobotani dapat mengakibatkan punahnya kearifan lokal tentang pemanfaatan tumbuhan, salah satunya tentang pemanfaatan tumbuhan obat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis, organ, cara pengolahan dan cara perolehan tumbuhan yang dimanfaatkan untuk perawatan pasca melahirkan oleh masyarakat Desa Cubadak Air Utara Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan metode survei, wawancara semi terstruktur dan observasi lapangan dengan pengolahan data analisis nilai use value (UV) dan index of cultural significance (ICS). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2022 – Januari 2023 di Desa Cubadak Air Utara Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Pemilihan responden ditentukan menggunakan teknik Purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden yang terdiri dari 16 orang informan kunci dan 44 orang informan non kunci. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat 23 jenis tumbuhan yang dimanfaatkan untuk perawatan pasca melahirkan. Organ tumbuhan yang paling banyak digunakan adalah Daun (80%), adapun cara pengolahan dengan persentase terbesar adalah dengan cara direbus (69%), sedangkan perolehan dengan persentase terbesar yaitu dengan cara budidaya (60%). Nilai Index of Cultural Significance (ICS) tertinggi sebesar 324 adalah kunyit (C. longa L.), untuk Use Value (UV) tertinggi juga diperoleh oleh tumbuhan kunyik (C. longa L.) sebesar 0,88.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDes, MUNSPECIFIED
CorrectorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorFevria, RestiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:05
Last Modified: 13 Dec 2023 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49006

Actions (login required)

View Item View Item