Analisis Daya Dukung Tiang Pancang terhadap Kondisi Lapangan Berdasarkan Perencanaan Gedung Pasca Sarjana Universitas Riau

Afrianto, Viori (2023) Analisis Daya Dukung Tiang Pancang terhadap Kondisi Lapangan Berdasarkan Perencanaan Gedung Pasca Sarjana Universitas Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_VIORI_AFRIANTO_20062063_7756_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perencanaan fondasi pada sebuah bangunan Gedung merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan, mulai dari penyelidikan tanah sampai perencanaan dan penentuan jenis fondasi yang akan dipakai. Beberapa jenis fondasi dalam yang dipakai pada bangunan Gedung adalah fondasi tiang pancang, bore pile dan KJRB. Saat ini salah satu gedung yang dibangun menggunakan fondasi dalam adalah Gedung Pascasarjana Universitas Riau, yaitu menggunakan fondasi tiang pancang. Penggunaan fondasi tiang pancang dipengaruhi oleh sifat tanah dan kedalaman tanah keras yang tidak merata, yang mengakibatkan kedalaman fondasi menjadi berbeda dari kedalaman rencana. Maka perlu dilakukan penelitian mengenai daya dukung fondasi pada kedalaman yang berbeda. Kegiatan diawali dengan tinjauan lapangan dan pengambilan data yang diperlukan. Setelah mendapatkan data, analisis dan perhitungan dapat dilakukan. Berdasarkan kedalaman tiang pancang yang berbeda, daya dukung yang dihasilkan juga alan otomatis berbeda bisa jadi lebih besar ataupun lebih kecil. Penelitian ini dilakukan demi mengetahui kekuatan daya dukung fondasi terhadap beban struktur akibat gravitasi. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan metode pilihan dan akurat, sesuai dengan data yang dipakai. Analisis yang dilakukan adalah perhitungan daya dukung tiang pancang dengan variabel pembeda yaitu kedalaman tiang, mulai dari kapasitas ujung tiang, kapasitas selimut tiang, kapasitas ultimit tiang dan kapasitas daya dukung kelompok tiang. Dari perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan 3 variabel kedalaman yaitu 28 m, 26 m dan 24 m, diperoleh hasil daya dukung ultimit tiang tunggal (Qu) berturut turut sebesar 1006,8 kN, 838,68 kN dan 694,68 kN. Sedangkan untuk nilai daya dukung kapasitas tiang kelompok untuk kedalaman 28 m sebesar 1510,2 kN (OK), untuk kedalaman 26 m sebesar 1258,02 kN (OK) dan untuk kedalaman 24 m sebesar 1042,02 kN (TIDAK OK).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSandra, NevyUNSPECIFIED
CorrectorJuliafad, EkaUNSPECIFIED
CorrectorArifin, Ari Syaiful RahmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DAYA DUKUNG TIANG PANCANG, PERENCANAAN GEDUNG
Subjects: T Technology
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:42
Last Modified: 13 Dec 2023 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49000

Actions (login required)

View Item View Item