Analisis Kinerja Catalytic Converter Berbasis Arang Aktif Kulit Pisang Pada Emisi Gas Buang Sepeda Motor Menggunakan Bahan Bakar Biogasoline

Desman Koto, Rahmat (2023) Analisis Kinerja Catalytic Converter Berbasis Arang Aktif Kulit Pisang Pada Emisi Gas Buang Sepeda Motor Menggunakan Bahan Bakar Biogasoline. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_05_RAHMAT_DESMAN_KOTO_18073022_7621_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengatasi dampak peningkatan polusi udara akibat jumlah kendaraan bermotor yang meningkat di Indonesia, terutama karena ketergantungan pada bahan bakar minyak. Penelitian ini fokus pada pemanfaatan kulit pisang sebagai karbon aktif untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan. Diharapkan, penelitian ini memberikan solusi alternatif yang ramah lingkungan untuk mengurangi polusi udara dan mengatasi potensi krisis bahan bakar, serta memanfaatkan sifat adsorpsi kulit pisang. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen. Metode eksperimen merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari suatu yang dikenakan pada subjek yang diteliti. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh catalytic converter karbon aktif dari kulit pisang dengan bahan bakar biogasoline terhadap emisi gas buang sepeda motor. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwasanya hasil uji menggunakan catalytic converter cenderung mereduksi hasil karbon monoksida (CO). Hasil penyerapan terbaik ada pada kelompok uji 4 yaitu catalytic converterdengan varian bahan bakar biogasoline, di mana hasil penyerapannya konstan dengan rata-rata hasil penyerapannya berada pada angka 18%. Hasil uji Paired Samples T-Test menunjukkan nilai korelasi adalah 0.967, artinya nilai korelasi yang kuat dan mengindikasikan hubungan positif yang kuat antara kedua kombinasi ini. Nilai signifikansi (Sig.) adalah 0.033 lebih rendah dari tingkat signifikansi yang telah ditetapkan (biasanya 0.05) menunjukkan bahwa korelasi ini mungkin signifikan secara statistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
CorrectorWagino, WaginoUNSPECIFIED
CorrectorSaputra, Hendra DaniUNSPECIFIED
Subjects: T Technology
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:54
Last Modified: 12 Dec 2023 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48989

Actions (login required)

View Item View Item