Pengaruh Buku Suplemen Digital Terintegrasi Mitigasi Bencana Berbantuaan LKPD Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi di SMPN 32 Padang

Chairiyah, Arifa (2023) Pengaruh Buku Suplemen Digital Terintegrasi Mitigasi Bencana Berbantuaan LKPD Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi di SMPN 32 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Arifa_Chairiyah_19031127_7306_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keterampilan kolaborasi menjadi salah satu keterampilan yang dituntut untuk dikembangkan dalam kompetensi abad 21. Keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VII di SMPN 32 Padang masih kurang. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan media yang dapat menunjang keterampilan kolaborasi peserta didik sehingga peserta didik sulit berkolaborasi karena tidak tertarik dengan media pembelajaran yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku suplemen digital terintegrasi mitigasi bencana terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi sistem ekskresi di SMPN 32 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 32 Padang yang tersebar dalam enam kelas. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.3 sebagai kelas kontrol di SMPN 32 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan angket keterampilan kolaborasi. Analisis data menggunakan uji t berbantuan Microsoft Office excel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keterampilan kolaborasi peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu dengan nilai rata-rata pada lembar observasi pada kelas eksperimen (72) dan kelas kontrol (56) dan rata-rata pada angket yaitu (87,1%) dengan kriteria sangat kolaboratif dan kelas kontrol (82,9%) dengan kriteria sangat kolaboratif. Dari analisis data menggunakan uji t diperoleh bahwa nilai t hitung > t tabel maka hipotesis diterima, artinya terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan, penggunaan buku suplemen digital terintegrasi mitigasi bencana berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi sistem ekskresi di SMPN 32 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:54
Last Modified: 12 Dec 2023 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48973

Actions (login required)

View Item View Item