Putri, Andini Yudhe
(2023)
Efektivitas Pengunaan Pop Up Book Bertema Fauna yang dilindungi di Indonesia sebagai Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Di SD Negeri 02 Ulak Karang Selatan Kota Padang.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Alasan penulis mengambil tema fauna di dalam tugas akhir ini karena, belum adanya di sekolah tersebut yang membuat media pembelajaran pop up book fauna dan anak sekolah dasar tersebut tidak adanya belajar materi tentang fauna sehingga banyaknya siswa sampai saat ini tidak mengetahui apa apa saja jenis fauna yang dilindungi di Indonesia. Selain itu, penulis megambil tema fauna dikarenakan faktor lingkungan SD Negeri 02 Ulak Karang Selatan yang mana dekat dengan lingkungan pantai. Jadi, anak anak bisa mempraktekkan langsung ke lingkungan sekitar untuk menjaga dan melestarikan hewan itu sangat penting.
Metode yang digunakan penulis dalam makalah ini adalah deskriptif. Metode deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk membuat pencandraan (deskripsi) mengenai situasi situasi atau kejadian. Dalam arti ini penelitian deskriptif itu adalah akumulasi data dasar dalam cara deskritptif semata mata tidak perlu mencari tahu atau menerangkan saling hubungan, mentest hipotesis, membuat ramalan, atau mendapatkan makna dan implikasi, walaupun penelitian yang bertujuan untuk menemukan hal hal tersebut mencakup juga metode metode deskriptif
Hasil penelitian makalah ini adalah tahapan kerja pembuatan pop up book terbagi tiga yaitu (1) ide penciptaan, (2) proses desain, (3) hasil pembuatan, dalam pembuatan pop up book hasil pembuatan pop up book ini menghasilkan total 10 halaman yang terdapat 5 jenis fauna di dalamnya. Kedua, hasil uji coba pada produk pop up book fauna yang dilindungi di Indonesia terhadap 10 orang siswa mendapat respons yang baik yang menunjukkan produk media pembelajaran ini layak untuk digunakan bagi siswa sebagai media pembelajaran anak sekolah dasar si SD Negeri 02 Ulak Karang Selatan
Actions (login required)
|
View Item |