Pengaruh Bekal Awal dalam Pembelajaran Kooperatif terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Siswa di Kelas X SMAN 1 Payakumbuh

Shafira, Annisa (2023) Pengaruh Bekal Awal dalam Pembelajaran Kooperatif terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Siswa di Kelas X SMAN 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ANNISA_SHAFIRA_19033081_7293_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Bekal awal belajar pada dasarnya merupakan keadaan pengetahuan atau keterampilan yang harus dimiliki terlebih dahulu oleh siswa sebelum mempelajari pengetahuan atau keterampilan baru. Kenyataan dilapangan, pembelajaran fisika di kelas X SMAN 1 Payakumbuh terkhusus pembelajaran kooperatif berkelompok, materi atau tugas diberikan pada saat siswa telah duduk di kelompok dengan hasil diselesaikan satu bersama. Hanya sebagian siswa yang aktif saja bersuara dan selebihnya siswa cenderung diam bahkan siswa akan mengobrol dengan temannya selama proses kerja berkelompok sehingga proses diskusi tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Mengatasi hal tersebut peneliti meninjau pemberian bekal awal siswa dalam pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kelemahan yang terjadi dalam pembelajaran kelompok kooperatif dan juga mengetahui bagaimana pegaruh bekal awal dalam pembelajaran kooperatif terhadap pencapaian hasil belajar fisika siswa di kelas X SMAN 1 Payakumbuh. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi eksperiment research. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group desain. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Payakumbuh yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen hasil belajar pada askpek kompetensi pengetahuan berupa soal dalam bentuk pilihan ganda untuk materi momentum impuls dan gerak harmonis sederhana. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapat rata-rata hasil posttest untuk kelas eksperimen yaitu 85,25 lebih tinggi dari kontrol yaitu 76,45. Berdasarkan perhitungan dari uji t untuk taraf signifikansi 0,05 didapat nilai t hitung = 4,22 lebih besar dari t = 1,99 , berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara eksperimen dan kontrol . Perbedaan ini diyakini disebabkan oleh pengaruh bekal awal dalam pembelajaran kooperatif terhadap pencapaian hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti terhadap pencapaian hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan pemberian bekal awal di kelas X SMAN 1 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:53
Last Modified: 12 Dec 2023 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48965

Actions (login required)

View Item View Item