Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Mobile Banking pada Mahasiswa Statistika Universitas Negeri Padang Menggunakan Analisis Regresi Logistik Biner

Fikri, Sarah Nurul (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Mobile Banking pada Mahasiswa Statistika Universitas Negeri Padang Menggunakan Analisis Regresi Logistik Biner. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
10_SARAH_NURUL_FIKRI_20037057_5824_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mobile banking merupakan sebuah fasilitas atau layanan perbankan menggunakan alat komunikasi bergerak seperti smartphone, dengan penyediaan fasilitas untuk bertransaksi perbankan melalui aplikasi pada smartphone. Salah satu golongan nasabah yang harus di perhatikan oleh pihak bank dalam penggunaan mobile banking adalah mahasiswa. Mahasiswa merupakan kalangan anak muda yang menjadi pengguna aktif perangkat mobile banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model regresi logistik biner, serta mengetahui faktor yang berpengaruh secara signifikan dan peluang keputusan mahasiswa dalam menentukan penggunaan mobile banking. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Departemen Statistika UNP angkatan 2019-2022. Sampel penelitian ini berjumlah 82 responden yang didapat menggunakan teknik probability sampling yakni propotional stratified random sampling. Variabel terikat adalah keputusan penggunaan sedangkan variabel bebas adalah pengetahuan, resiko, uang saku, lokasi, dan transaksi. Analisis yang digunakan yaitu analisis Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian menunjukkan variabel pengetahuan, resiko, dan transaksi yang berpengaruh nyata terhadap keputusan penggunaan mobile banking. Adapun dugaan model regresi logistik biner: ( ̂( )) = Dari ketiga variabel yang berpengaruh nyata terhadap keputusan penggunaan mobile banking, didapatkan nilai odds ratio untuk variabel pengetahuan, resiko, dan transaksi adalah 21,751, 4,439, dan 4,215. Mahasiswa Departemen Statistika Universitas Negeri Padang memiliki peluang dengan nilai koefisen variabel pengetahuan mengalami kenaikan satu satuan maka penggunaan mobile banking akan mengalami peningkatan sebesar 3,080. Nilai koefisen variabel resiko mengalami kenaikan satu satuan maka penggunaan mobile banking akan mengalami peningkatan sebesar 1,491. Nilai koefisen variabel transaksi mengalami kenaikan satu satuan maka penggunaan mobile banking akan mengalami peningkatan sebesar 1,439.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorMukhti, Tessy OktaviaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MOBILE BANKING PADA MAHASISWA STATISTIKA
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:13
Last Modified: 11 Dec 2023 08:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48961

Actions (login required)

View Item View Item