Penerapan Metode Chi-Square Automatic Interaction Detector (CHAID) dalam Klasifikasi Angkatan Kerja di Kabupaten Dharmasraya

Utami, Ririn Novira (2023) Penerapan Metode Chi-Square Automatic Interaction Detector (CHAID) dalam Klasifikasi Angkatan Kerja di Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_RIRIN_NOVIRA_UTAMI_20037054_5990_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penduduk merupakan salah satu penentu kesuksesan pembangunan ekonomi. Menurut data yang diperoleh dari BPS pertumbuhan penduduk dapat mempengaruhi pertumbuhan tenaga kerja. Tenaga kerja dengan kuantitas dan kualitas yang tepat dapat menjadi penentu keberhasilan pembangunan ekonomi yang optimal dengan melihat karakteristik tenaga kerja. Kabupaten Dharmasraya mengalami peningkatan jumlah penduduk dari tahun 2020-2022 yang berdampak pada peningkatan angkatan kerja di Kabupaten Dharmasraya. Hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan pada Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja yang menggambarkan penduduk Kabupaten Dharmasraya masih belum aktif secara ekonomi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengklasifikasian dan variabel paling dominan yang mengklasifikasikan angkatan kerja di Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022. Metode yang digunakan adalah Metode CHAID. Metode CHAID merupakan salah satu metode pohon klasifikasi yang digunakan untuk membagi data menjadi subgrup-subgrup melalui tahapan penggabungan, pemisahan, dan penghentian. Jenis penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data pada penelitian ini adalah data hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel dependen (Y) yaitu angkatan kerja dan variabel independen (X) yaitu usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status perkawinan, pelatihan kerja, status dalam rumah tangga, dan klasifikasi wilayah. Hasil penelitian dengan menggunakan Metode CHAID menghasilkan diagram pohon yang terdiri dari 11 nodes, 10 child node, dan 6 terminal node. Berdasarkan hasil segmen yang terbentuk (terminal node) diperoleh variabel paling dominan yang mengklasifikasikan angkatan kerja di Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022 yaitu klasifikasi wilayah, status dalam RT, latihan kerja, pendidikan tertinggi, dan status perkawinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorZilrahmi, ZilrahmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CHI-SQUARE AUTOMATIC INTERACTION DETECTOR (CHAID)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:12
Last Modified: 11 Dec 2023 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48960

Actions (login required)

View Item View Item