Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa D3 Statistika Universitas Negeri Padang untuk Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Sarjana Menggunakan Analisis Regresi Logistik Biner

Firnanda, Andra Mai (2023) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa D3 Statistika Universitas Negeri Padang untuk Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Sarjana Menggunakan Analisis Regresi Logistik Biner. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_Andra_Mai_Firnanda_19037006_5523_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Minat adalah kecenderungan seseorang kepada hal-hal tertentu. Minat berarti tertarik dengan suatu kegiatan karena menyadari pentingnya kegiatan tersebut. Jika seseorang menaruh perhatian lebih pada suatu hal, maka hal tersebut bisa dikatakan dengan minat. Minat melanjutkan studi menunjukkan keinginan seseorang untuk bisa melanjutkan pendidikannya hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Di Universitas Negeri Padang khususnya mahasiswa Departemen Statistika prodi D3 tahun masuk 2019-2021 90% berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Perlu diketahui hal apa saja yang mempengaruhi seseorang berminat untuk melanjutkan pendidikan menggunakan analisis regresi logistik biner. Penelitian ini adalah penelitian terapan, penelitian terapan adalah penelitian yang bertujuan untuk memecahkan dan memberi solusi pada suatu permasalahan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer atau data yang diambil secara langsung melalui pengisian kuesioner oleh mahasiswa Departemen Statistika Prodi DIII 2019 - 2021, dengan menggunakan beberapa variabel yaitu, Berminat Melanjutkan Pendidikan (Y), Keberhasilan Akademik (X 1 ), Ekonomi Keluarga (X 2 ), Tuntutan Dunia Kerja (X 3 ), Dukungan Orang Tua (X 4 ), Jenjang Karir (X 5 ). Analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian ini yaitu terdapat dua variabel yang paling berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu keberhasilan akademik (X 1 ) dan tuntutan dunia kerja (X 3 ) dengan model: ( ) ( ) ( ) Dengan nilai odds ratio untuk variabel keberhasilan akademik (X 1 ) adalah 2,067, nilai odds ratio untuk variabel tuntutan dunia kerja (X 3 ) adalah 3,279.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorVionanda, DodiUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorAmalita, NonongUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:13
Last Modified: 11 Dec 2023 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48943

Actions (login required)

View Item View Item