Perhitungan Produktivitas dan Biaya Pengoperasian Tower Crane pada Proyek Pembangunan Gedung Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang

Armanika, M Revandza (2023) Perhitungan Produktivitas dan Biaya Pengoperasian Tower Crane pada Proyek Pembangunan Gedung Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_ M_REVANDZA_ARMANIKA_20062030_6378_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Alat berat merupakan faktor penting dalam pelaksanaan proyek konstruksi dengan skala yang besar. Fungsi alat berat adalah untuk membantu pelaksanaan pekerjaan agar dapat dilaksanakan dengan lebih mudah dan dalam waktu yang lebih singkat. Salah satu proyek konstruksi yang memanfaatkan alat berat dalam pelaksanaannya adalah Proyek Pembangunan Gedung Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang, yaitu tower crane. Kinerja alat berat ditentukan oleh banyak faktor, terutama produktivitasnya di lapangan. Oleh sebab itu perhitungan produktivitas alat berat sangat penting dalam perencanaan penggunaan alat berat. Namun pada proyek ini pihak kontraktor belum memiliki detail perhitungan produktivitas alat berat tower crane, dikarenakan belum mendapatkan waktu dan staf khusus untuk melakukan perhitungan. Perencanaannya hanya diperkirakan berdasarkan pengalaman perusahaan dalam melaksanakan proyek konstruksi sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut, proyek akhir ini bertujuan untuk menghitung produktivitas efektif serta biaya pengoperasian alat berat tower crane. Jenis metode yang digunakan pada proyek akhir ini adalah studi kasus dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terhadap narasumber di lapangan dan melakukan perhitungan menggunakan rumus produktivitas serta biaya pengoperasian alat berat. Data yang diperoleh berupa data volume pekerjaan kolom lantai lima yang meliputi pekerjaan pengangkatan tulangan kolom, pengangkatan bekisting kolom dan pengecoran kolom menggunakan concrete bucket. Selain itu, terdapat data waktu siklus dari alat berat tower crane yang didapatkan berdasarkan pengamatan langsung di lapangan menggunakan stopwatch. Dari perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh produktivitas efektif rata-rata tower crane pada pekerjaan pengangkatan tulangan kolom sebesar 15,11 Kg/ menit, pengangkatan bekisting kolom sebesar 55,08 Kg/ menit, dan pengecoran kolom menggunakan concrete bucket sebesar 427,06 Kg/ menit. Adapun biaya pengoperasian tower crane per jam sebesar Rp 220.094,85/jam, biaya pengoperasian tower crane untuk pekerjaan kolom Lantai 5 sebesar Rp22.889.864,40 dan total biaya pengoperasian tower crane sebesar Rp 1.011.498.280,00 untuk 8 bulan pemakaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorApdeni, RismaUNSPECIFIED
CorrectorM Giatman, M GiatmanUNSPECIFIED
CorrectorOktaviani, OktavianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ALAT BERAT, BIAYA PENGOPERASIAN, TOWER CRANE
Subjects: T Technology
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:10
Last Modified: 11 Dec 2023 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48938

Actions (login required)

View Item View Item