Optimasi Lampu Lalu Lintas Simpang Tabuik dan Simpang Amadin Kota Pariaman Menggunakan Graf Fuzzy Berbasis FIS Tipe Mamdani

Cahyani, Alda Wahyu Regita (2023) Optimasi Lampu Lalu Lintas Simpang Tabuik dan Simpang Amadin Kota Pariaman Menggunakan Graf Fuzzy Berbasis FIS Tipe Mamdani. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Alda_Wahyu_Regita_Cahyani_19030001_5777_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemacetan sering terjadi di jalan yang memiliki ketidak seimbangan antara permintaan dan penyediaan yang dapat menyebabkan terjadinya hambatan. Kemacetan dapat disebabkan dari beberapa faktor, salah satunya adalah faktor pengaturan lampu lalu lintas yang kurang baik. Masalah pengaturan lampu lalu lintas berkaitan dengan pengaturan waktu siklus lampu merah dan lampu hijau. Banyak ditemui pada persimpangan jalan dengan lampu lalu lintas yang memiliki durasi lampu hijau yang singkat dan lampu merah yang lama. Misalnya pada Simpang Tabuik dan Simpang Amadin Kota Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimasi waktu tunggu pengaturan sistem lampu lalu lintas pada simpang Tabuik dan simpang Amadin menggunakan graf fuzzy. Penelitian ini adalah penelitian terapan yang diawali dengan analisis teori yang sudah ada dan dilanjutkan dengan pengambilan data serta penerapannya terhadap data. Data yang diperoleh merupakan data primer yaitu pengamatan langsung (observasi) di lapangan. Data tersebut meliputi data durasi lampu lalu lintas, data volume kendaraan dan data lebar jalan pada setiap kaki simpang persimpangan empat simpang Tabuik dan simpang Amadin kota Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan graf fuzzy berbasis Fuzzy Inference System tipe Mamdani diperoleh pada simpang Tabuik untuk rata-rata kenaikan/penurunan keseluruhan, pada simpang Tabuik durasi total seluruh waktu hijau yang diperoleh adalah 80 detik sehingga mengalami penurunan sebesar 8,04% dari kondisi awal, dan durasi total seluruh waktu merah yang diperoleh adalah 404 detik sehingga mengalami kenaikan sebesar 1,76% dari kondisi awal. Sedangkan pada simpang Amadin, durasi total seluruh waktu hijau adalah 66 detik sehingga mengalami penurunan sebesar 5,71% dari kondisi awal, dan durasi total seluruh waktu merah adalah 346 detik sehingga mengalami kenaikan sebesar 1,16% dari kondisi awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosha, MediaUNSPECIFIED
CorrectorSari, Devni PrimaUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, DefriUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:08
Last Modified: 11 Dec 2023 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48934

Actions (login required)

View Item View Item