Implementasi Kebijakan Pemungutan Retribusi Pasar Secara Elektronik (E-Retribusi) Menggunakan QRIS: Studi Kasus Pasar Nanggalo Siteba Kota Padang

Yulpia, Leli (2023) Implementasi Kebijakan Pemungutan Retribusi Pasar Secara Elektronik (E-Retribusi) Menggunakan QRIS: Studi Kasus Pasar Nanggalo Siteba Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_LELI_YULPIA_19133042_6152_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Peraturan Wali Kota Padang Nomor 31 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pemungutan Retribusi Pasar Yang Dikelola Dinas Perdagangan Secara Elektronik studi kasus pada Pasar Nanggalo Siteba Kota Padang yang dianalisis dengan teori Edward III pada periode 2017-2021.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, karana penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang diteliti digunakan untuk mengungkapkan permasalahan dalam kebijakan yang di terapkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dan informan melalui pengamatan dan wawancara secara langsung dan dokumen diperoleh dalam bentuk, perjanjian kerjasama, peraturan-peraturan dan pengolahan data.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa penelitian yang dilakukan peneliti di pasar Nanggalo Siteba Kota Padang, dapat disimpulkan bahwa implementasi e-retribusi sudah berjalan dengan baik namun belum optimal, karena dari target pendapatan Pasar Nanggalo secara menyeluruh yang ditetapkan selalu mencapai target. Tapi untuk pelaksanaan masih terdapat hambatan yaitu sikap pelaksana terhadap wajib retribusi yang belum membayarkan retribusi pasar secara elektronik dengan QRIS dan dari segi sarana dan prasarana berupa mesin yang menjadi hambatan dikarenakan susah signal. Hal ini menjadi hambatan dalam penerapan sistem kebijakan e-retribusi pasar dengan QRIS di Pasar Nanggalo Siteba Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitra, HalkadriUNSPECIFIED
CorrectorAzra, Fefri IndraUNSPECIFIED
CorrectorPebriyani, DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-RETRIBUSI, TEORI EDWARD III, KEBIJAKAN PUBLIK
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:39
Last Modified: 14 Dec 2023 08:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48928

Actions (login required)

View Item View Item