Hubungan Kemampuan Teorikal Bidang Pengelasan dengan Hasil Praktikum Pengelasan SMAW Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh

Rahim, Fitra Yodi (2023) Hubungan Kemampuan Teorikal Bidang Pengelasan dengan Hasil Praktikum Pengelasan SMAW Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_FITRA_YODI_RAHIM_19067048_7577_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan pemahaman yang memberikan korelasi terkait Kemampuan Teorikal Bidang Pengelasan dengan Hasil Praktikum Pengelasan SMAW. Metode penelitian pada yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional dengan mengukur hubungan kemampuan teoritis dan keterampilan pratikum. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Angket, Hasil Nilai Ujian Prakter serta dokumentasi. Penelitian terlah dilaksanakan pada SMK Negeri 2 Payakumbuh dengan populasi penelitian adalah kelas XI Teknik Pengelasan yang dibagi menjadi dua kelompok, sedangkan waktu dari penelitian diadakan ketika bulan Agustus sampai bulan September Sampel penelitian ini ditentukan sebanyak 50 siswa yang terbagi sebanyak 2 kelas yakni kelas XI Teknik Pengelasan 1 sebanyak 26 siswa dan kelas XI Teknik Pengelasan 2 sebanyak 24 siswa. Hasil analisis data penelitian memperlihatkan adanya hubungan yang signifikan dan positif dari kemampuan teorikal dan hasil pratikum dengan koefisien korelasinya ialah 0.701 dan nilai signifikansi (2 - tailed) 0.000 yang artinya memiliki hubungan signifikan dan saling berpengaruh antara kemampuan teorikal dengan hasil pratikum. Diperoleh kesimpulan penelitian yaitu diharapkan peningkatan kemampuan teorikal dan praktek siswa dapat dimanfaatkan dan diimplementasikan pada pembelajaran pengelasan SMAW, sehingga diperoleh peningkatan hasil belajar yang mampu mengefisiensi waktu belajar yang dilaksanakan di sekolah. Saran untuk kedepannya guru diharapkan lebih memperhatikan proses belajar siswa yang nantinya juga akan berdampak pada peningkatan hasil belajar teorikal dan praktik siswa pada bidang pengelasan SMAW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrzal, IrzalUNSPECIFIED
CorrectorAdri, JunilUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN TEORIKAL, KETERAMPILAN PRATIKUM, PRAKTIKUM PENGELASAN
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:26
Last Modified: 08 Dec 2023 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48920

Actions (login required)

View Item View Item