Pengaruh Green Innovation dan Carbon Emission Disclosure terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021).

Putri, Harvinna Dwi (2023) Pengaruh Green Innovation dan Carbon Emission Disclosure terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_6_HARVINNA_DWI_PUTRI_18043101_1218_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green product innovation, green process innovation, dan carbon emission disclosure terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan mengikuti Program Penilaian Kinerja Perusahaan (PROPER) Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2017-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan mengikuti Program Penilaian Kinerja Perusahaan (PROPER) Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia pada Periode pengamatan 2017-2021. Sampel penelitian diambil menggunakan metode purposive sampling. Diperoleh 30 perusahaan sebagai sampel dengan 145 pengamatan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan data sekunder. Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 25. Data penelitian ini, green product innovation dan green process innovation diukur dengan menggunakan analisis konten pada laporan tahunan dan laporan berkelanjutan, carbon emission disclosure diukur dengan menggunakan carbon disclosure checklist (CDC) dengan skala dikotomi, dan nilai perusahaan diukur dengan menggunakan rasio Tobin’s Q. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) green product innovation tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) green process innovation berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan (3) carbon emission disclosure berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAgustin, HenriUNSPECIFIED
CorrectorSetiawan, Mia AngelinaUNSPECIFIED
CorrectorHelmy, HerlinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NILAI PERUSAHAAN, PERUSAHAAN MANUFAKTUR, PRODUCT INNOVATION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:21
Last Modified: 08 Dec 2023 08:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48915

Actions (login required)

View Item View Item