Anggrahini, Lisa
(2023)
Pengaruh Metode Permainan Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Jepang Siswa SMA Negeri 7 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak bahasa Jepang siswa serta kurangnya minat siswa dalam menyimak bahasa Jepang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh dari metode permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak bahasa Jepang siswa SMA Negeri 7 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu posttest only control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI F5-XI F8 yang berjumlah 118 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa dari kelas XI F5 sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa dari kelas XI F6 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Berdasarkan hasil uji independent samples t-test, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari metode permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak bahasa Jepang siswa SMA Negeri 7 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |