Salsabila, Shally
(2023)
Presepsi Siswa SD Negeri 43 Siguntur Muda tentang
Kontribusi Kepala Sekolah dan Guru terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam kunjungan ke perpustakaan, dan belum ada program yang dibuat untuk mengarahkan siswa dalam memanfaatkan perpustakaan, sehingga terjadi penurunan jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan SD Negeri 43 Siguntur Muda. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa SD Negeri 43 Siguntur Muda tentang kontribusi kepala sekolah, dan kontribusi guru terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah, serta melihat pengaruh kontribusi kepala sekolah dan guru terhadap pemanfaatan perpustakaan.
Pendekatan penelitian ini kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri 43 Siguntur Muda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 responden yang diambil dengan stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data untuk melihat gambaran variabel menggunakan rumus persentase dan mean (rata-rata). Sementara untuk melihat pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian antara lain, persepsi siswa tentang kontribusi kepala sekolah di SD Negeri 43 Siguntur Muda dalam upaya agar siswa bisa memanfaatkan perpustakaan sekolah dikategorikan sangat rendah, dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 44,3% responden menyatatkan tidak pernah. Persepsi siswa tentang kontribusi Guru di SD Negeri 43 Siguntur Muda dalam upaya agar siswa bisa memanfaatkan perpustakaan sekolah dikategorikan sedang, dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 38,2% responden menyatakan tidak pernah, selanjutnya siswa dalam pemanfaatan perpustakaan di SD Negeri 43 Siguntur Muda dikategorikan sangat rendah,dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 27% responden menyatakan tidak pernah, selanjutnya terdapat pengaruh kontribusi kepala sekolah (X1) terhadap pemanfaatan perpustakaan di SD Negeri 43 Siguntur Muda dan tidak terdapat pengaruh kontribusi guru (X2) terhadap pemanfaatan perpustakaan di SD Negeri 43 Siguntur Muda.
Actions (login required)
|
View Item |